SELAMAT DATANG KELUARGA BARU FSMR

Bertempat di ruang studio besar Program Studi (Prodi) Film dan Televisi pagi itu segenap jajaran pejabat dan mahasiswa Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara online.  Tema superhero sengaja dipilih selain untuk menonjolkan sisi kreativitas superhero juga untuk mewakili ide dan gagasan mahasiswa baru untuk berperan di masyarakat dan menjadi sosok yang berguna bagi masyarakat setelah nanti lulus dan mengabdikan diri kembali ke masyarakat.

Pelaksanaan PKKMB online tersebut  sesuai anjuran pemerintah dengan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nasional Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai Bencana Nasional sehingga PKKMB dilakukan secara online. Pada hari Rabu, 16 September 2020, FSMR telah sukses menerima keluarga baru yaitu ratusan calon mahasiswa yang akan belajar di Prodi Film dan Televisi, Prodi Animasi, dan Prodi Fotografi dengan sambutan meriah melalui pelaksanaan PKKMB online.  Pada saat melakukan serangkaian persiapan, Pembantu Dekan III, Muhammad Fajar Apriyanto, M.Sn. berpesan kepada seluruh panitia agar tetap menjaga prosedur protokoler Covid-19 demi mengurangi risiko penularan dengan menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah proses produksi siaran online di studio besar Prodi Film dan TV.

Hal yang paling menarik dari proses produksi PKKMB online yaitu semua kakak panitia tetap bersemangat menyambut kedatangan adik angkatannya. Proses produksi yang penuh dengan suasana kekeluargaan dan santai tersebut diharapkan membawa energi positif bagi calon mahasiswa baru yang masih berada di rumah. Panitia berharap pandemi Covid-19 dapat segera berakhir dan kelak semua civitas academica dapat bertemu dengan keluarga baru di kampus FSMR untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan kampus seperti biasa.

Keluarga baru yang terpisah secara fisik, ruang, dan waktu tidak menghalangi keseruan acara PKKMB online.  Menurut ketua panitia, Gregorius Seno, walaupun hanya bertemu melalui dunia maya semua dapat berkreativitas di rumah dengan sepenuh hati dan tulus agar siap mengikuti perkuliahan di FSMR jika kondisi sudah membaik. Menurut Dekan FSMR, Dr. Irwandi, M.Sn. saat membuka PKKMB online tersebut menyatakan bahwa acara tersebut merupakan program wajib dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk lebih mengenal kehidupan kampus. Dekan FSMR mengingatkan  kepada semua mahasiswa yang seharusnya merasa beruntung karena dari pendaftar yang mencapai ratusan di tingkat fakultas hingga ribuan di tingkat institut, mereka bisa menjadi mahasiswa baru yang terpilih untuk kuliah di ISI Yogyakarta, khususnya FSMR.  Harapan dari Dekan FSMR yaitu agar mahasiswa baru tetap senantiasa menjaga amanat dari orang tua agar berkuliah dengan baik dan menjauhi narkoba.

Panitia dan jajaran dosen berharap agar bisa segera bertatap muka dengan  mahasiswa baru dalam keadaan yang lebih baik lagi, yaitu ketika Pandemi Covid-19 berlalu.  PKKMB yang menitikberatkan pada perkenalan kehidupan kampus dan kreativitas tersebut memberikan ruang secara daring untuk berkreasi melalui layar zoom sehingga PKKMB online diharapkan tidak membatasi kreativitas mahasiswa. Salah satu sesi acara PKKMB tersebut menyediakan program untuk lebih mengenal prodi masing-masing yaitu Prodi Fotografi, Prodi Film & Televisi, dan Prodi Animasi untuk berkenalan dan berinteraksi dengan para dosen-dosen pengampu mata kuliah pada masing-masing Prodi dan  para dosen pun memberi motivasi kepada mahasiswa baru untuk terus mengasah kemampuan dalam menjalani kuliah daring ke depan.

Di akhir acara, program PKKMB ditutup oleh Dekan dan jajarannya serta penampilan para mahasiswa baru dalam menyanyikan Hymne ISI Yogyakarta secara virtual dengan menggabungkan video yang telah telah dikirimkan oleh masing-masing mahasiswa baru. Video tersebut membuat Suasana haru dan rindu akan kampus tercinta untuk segera bisa melaksanakan kegiatan belajar bersama teman-teman baru, dosen-dosen yang berkompeten di FSMR dan lingkungan Institut Seni Indonesia Yogyakarta secara keseluruhan.

Menyapa Mahasiswa.
Dekan FSMR, Dr. Irwandi, S.Sn., M.Sn. menyapa mahasiswa baru secara daring melalui Zoom cloud meeting di ruang studio besar Prodi Film & Televisi FSMR pada saat pelaksanaan PKKMB online (16/9/2020).
Mahasiswa Baru.
Peserta PKKMB yang merupakan mahasiswa baru FSMR ISI Yogyakarta mengikuti PKKMB online dengan mengenakan kostum superhero. Tema superhero sengaja dipilih selain untuk meonjolkan sisi kreativitas sang superhero juga untuk mewakili ide dan gagasan mahasiswa baru untuk berperan di masyarakat dan menjadi sosok yang berguna bagi masyarakat setelah lulus dan mengabdikan diri kembali ke masyarakat kelak setelah lulus.
Interaksi Dengan Mahasiswa. Perwakilan mahasiswa baru, Jacqueline Shim, memperkenalkan diri kepada para dosen dan panitia pada saat PKKMBB online secara daring melalui Zoom cloud meeting (16/9/2020).
Perkenalan Pejabat Fakultas.
Jajaran pejabat FSMR di ruang studio besar Prodi Film & Televisi FSMR memperkenalkan diri kepada mahasiswa baru pada saat pelaksanaan PKKMB online (16/9/2020).
Kunjungan Rektor dan Jajarannya.
Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum, didampingi oleh Pembantu Rektor I, Dr. Stepanus Hanggar Budi Prasetya, S.Sn., M.Si., Pembantu Rektor II, Drs. AG. Hartono, MS., dan Pembantu Rektor III, Muhamad  Sholahuddin, S.Sn., M.T. meninjau pelaksanaan PKKMB online di studio besar Prodi Film dan Televisi, FSMR, ISI Yogyakarta (16/9/2020). Dalam tinjauan tersebut, Rektor ISI Yogyakarta berpesan agar seluruh peserta bersemangat mengikuti rangkaian PKKMB online agar mendapatkan pengalamanan yang berkesan.
Rektor Menyapa.
Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum., menyapa mahasiswa baru secara daring dari studio besar Prodi Film dan Televisi, FSMR, ISI Yogyakarta saat PKKMB online berlangsung (16/9/2020). Rektor berharap agar mahasiswa baru tetap menjaga semangat untuk mengikuti PKKMB walaupun dilakukan secara daring.
Dekan FSMR Menyapa Mahasiswa Baru.
Dekan FSMR ISI Yogyakarta, Dr. Irwandi, S.Sn., M.Sn., menyapa mahasiswa baru pada saat pelaksanaan PKKMB online dari studio besar Prodi Film dan Televisi, FSMR, ISI Yogyakarta saat PKKMB online berlangsung (16/9/2020)  Dekan berharap agar semua mahasiswa  baru bisa memegang komitmen untuk berkuliah dengan baik walau semua perkuliahan kelak akan diadakan secara daring
Pembantu Dekan I FSMR Menyapa Mahasiswa.
Pamungkas Wahyu Setiyanto, M.Sn. selaku Pembantu Dekan I, menyapa mahasiswa baru pada saat pelaksanaan PKKMB online. Dalam sesi dosen menyapa tersebut,  Pembantu Dekan I berpesan kepada para mahasiswa baru untuk tetap menjaga kesehatan selama Pandemi Covid-19.
Monitoring PKKMB.
Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta, Dr. Stepanus Hanggar Budi Prasetya, S.Sn., M.Si., berkoordinasi dengan Pembantu Dekan III FSMR, M. Fajar Apriyanto, M.Sn pada saat kunjungannya ke studio besar Prodi Film dan Televisi bersama Rektor ISI Yogyakarta dan jajarannya untuk meninjau pelaksanaan PKKMB online di FSMR (16/9).
Hymne ISI Yogyakarta.
Tampilan video mahasiswa baru menyanyikan Hymne Institut Seni Indonesia Yogyakarta menutup rangkaian acara PKKMB di FSMR (16/9/2020).
Mahasiswa baru menunjukkan kreativitasnya sesuai superhero yang mereka representasikan dalam acara PKKMB online(16/9/2020).