Program Studi Film dan Televisi adalah bagian dari Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang mempelajari proses dan penciptaan bentuk-bentuk penayangan  dalam bentuk media audiovisual yang berwawasan nilai-nilai budaya nasional.

Program Studi Film dan Televisi mencetak Sarjana S1 Film dan Televisi dengan kemampuan dalam pengkajian, penciptaan, dan manajerial di bidang pertelevisian. Program Studi Film dan Televisi memiliki profil lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang keahlian utama, yaitu manajemen produksi televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, tata foto elektronik, dan editing elektronik.

Program Studi Film dan Televisi memiliki mata kuliah unggulan Kerja Profesi yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan kemampuan secara langsung di dunia kerja dalam rangka meningkatkan kreativitas dan pengalaman profesional bidang keahlian serta memperkuat jaringan kerja dengan pengguna jasa.
Program Studi Film dan Televisi memproyeksikan lulusan-lulusan yang profesional berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang diharapkan mampu bersaing di dunia kerja dan memiliki kompetensi di bidang pertelevisian sebagai jawaban atas ketatnya persaingan lapangan pekerjaan di bidang pertelevisian saat ini.

Suasana Pendidikan
Suasana akademik yang kondusif, nyaman dengan sarana dan prasarana yang memadai serta tenaga pengajar yang relevan dan kompeten di bidang pertelevisian mendukung peningkatan proses belajar mengajar di program studi televisi.

Sarana
Studio produksi standar penyiaran kamera video format Betacam-SP & miniDV, peralatan pascaproduksi S-VHS & Betacam-SP, peralatan pascaproduksi nonlinear EDIUS-NX, peralatan tata cahaya untuk produksi televisi, dan peralatan tata suara standar penyiaran.

Televisi Kampus
Kegiatan kokurikuler televisi Kampus menjadi unggulan bagi mahasiswa sebagai media praktik produksi penyiaran televisi.

Proses Belajar Mengajar
Proses belajar mengajar diselenggarakan melalui kelas teori dan praktik, yang dilakukan secara simultan dengan metode tatap muka, praktikum, diskusi, seminar, workshop, studi banding, praktika terpadu, dan praktik kerja profesi. Hal ini sangat mendukung tingkat kemampuan, keahlian, kreativitas, dan motivasi mahasiswa untuk meningkatkan diri dengan didukung prasarana dan sarana yang memadai.

Perpustakaan
Sebagai bahan referensi, peningkatan wawasan, dan informasi bagi mahasiswa dilengkapi perpustakaan yang berisi buku-buku literatur dan media audiovisual.

Beasiswa
Mahasiswa yang berprestasi memperoleh kesempatan mendapatkan beasiswa, antara lain PPA, Yayasan Supersemar, PT Djarum, BBM, Jakarta Japan Club, dan Yayasan Marubeni.

Profil Ringkas
Televisi sebagai media pendidikan, pelayanan, dan hiburan langsung dapat menyentuh ke dalam kehidupan masyarakat sampai pada institusi terkecil, yaitu keluarga. Oleh sebab itu, diperlukan program acara televisi yang berkualitas untuk masyarakat. Permasalahan yang timbul dewasa ini adalah maraknya program acara televisi yang mengutamakan kuantitas dari pada kualitas. Hal tersebut ternyata menjadi persoalan tersendiri yang akhirnya berdampak menurunnya kualitas program acara televisi. Jurusan Televisi, FSMR, ISI Yogyakarta sebagai institusi pendidikan yang mempelajari disiplin ilmu televisi dengan pendekatan seni merasa bertanggung jawab terhadap situasi tersebut.

Langkah yang pertama adalah turut menumbuhkan sikap apresiatif dan kreatif serta memberikan wacana baru tentang karya-karya audiovisual yang konseptual, estetis, dan mempunyai kedalaman makna kepada masyarakat dan civitas akademika ISI Yogyakarta. Langkah yang kedua dan terpenting adalah menciptakan sarjana-sarjana yang berkualitas dengan mengembangkan kurikulum baru berdasarkan pendekatan kompetensi Program Studi Televisi, dengan mengacu pada Surat Mendiknas No.: 045/U/2001 tentang kurikulum inti pendidikan tinggi. Kurikulum baru tersebut merupakan pengembangan dari kurikulum KBK 2000 yang telah diberlakukan sebelumnya.

Profil Lulusan
Kompetensi lulusan program studi S1 Film dan Televisi FSMR ISI Yogyakarta adalah sebagai berikut :
1. Peneliti Program Film dan Televisi
2. Kritikus Program Film dan Televisi
3. Perancang Film dan Televisi (Program Designer)
4. Produser Program Film dan Televisi (Producer)
5. Pengarah Acara/Sutradara Film dan Televisi (Director, Program Director)
6. Penulis Skenario Program Film dan Televisi (Script Writer)
7. Penata Artistik Program Film dan Televisi (Art Director)
8. Penata Sinematografi Film dan Penata Videografi Program Televisi (Director of Photography/DOP)
9. Penata Cahaya Program Film dan Televisi (Lighting Director)
10. Penata Editing Program Film dan Televisi (Editor)
11. Penata Suara Program Film dan Televisi (Sound Designer)
12. Perancang Busana Program Film dan Televisi (Wardrobe Designer)
13. Perancang Make-Up Program Film dan Televisi (Make-Up Designer)
14. Kamerawan (Cameraman/Camera Person)
15. Perekam Suara (Sound Recordist)
16. Pengusaha Rumah Produksi
17. Instruktur Produksi Audio Visual

Visi

Menjadi pusat unggulan pendidikan seni bidang perfilman dan pertelevisian yang berbasis pada ilmu pengetahuan, riset, dan teknologi

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan seni di bidang perfilman dan pertelevisian yang berbasis pada ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang seni perfilman dan pertelevisian
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam pengkajian seni dan penciptaan seni bidang perfilman dan pertelevisian yang berbasis riset
  4. Meningkatkan mutu dan daya saing dalam hal sistem pendidikan, penyelenggaraan pendidikan, dan kompetensi lulusan
  5. Memperluas kerja sama dengan lembaga atau instansi baik dalam negeri maupun luar negeri untuk penelitian dan pengembangan keilmuan film maupun televisi, orientasi profesi serta penyerapan lulusan

Tujuan

Meluluskan sarjana seni di bidang perfilman dan pertelevisian yang memiliki kompetensi tinggi, berdaya saing, memiliki kreativitas inovatif, berwawasan budaya, tanggap terhadap tuntutan masyarakat, memiliki semangat kewirausahaan, dan profesional di bidangnya.

Strategi

Untuk mewujudkan tujuan program studi televisi ditetapkan strategi sebagai berikut:

  1. menyelenggarakan pendidikan di bidang pertelevisian yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;
  2. melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pertelevisian;
  3. mengarahkan konsentrasi peserta didik pada kemampuan pengkajian dan kemampuan penciptaan seni di bidang pertelevisian;
  4. meningkatkan mutu sistem pendidikan, penyelenggaraan pendidikan, dan kualitas lulusan;
  5. menciptakan kerja sama dengan lembaga swasta dan lembaga pemerintah yang memiliki bidang kerja pertelevisian.


Ketua Jurusan/Program Studi : Agnes Widyasmoro, S.Sn., M.A.

Sekretaris Jurusan/Program Studi : Arif Sulistiyono, M.Sn.

Dosen/Tenaga Pendidik

Drs. Alexandri Luthfi R, M.S.
Drs. Arif Eko Suprihono, M.Hum.
Dyah Arum Retnowati, M.Sn.
Nanang Rakhmad Hidayat, S.Sn., M.Sn.
Lucia Ratnaningdyah Setyowati, S.I.P., M.A. (Kandidat Doktor)
Deddy Setyawan, M.Sn.
Dra. Siti Maemunah, M.Si.
Endang Mulyaningsih, S.I.P., M.Hum.
Retno Mustikawati, S.Sn., M.F.A. (Kandidat Doktor)
Raden Roro Ari Prasetyowati, S.H., LL.M.
Gregorius Arya Dhipayana, M.Sn.
Lilik Kustanto, S.Sn., M.A.
Latief Rakhman Hakim, M.Sn.
Pius Rino Pungkiawan, S.Sn., M.Sn.
Antonius Janu Haryono, S.Sn., M.Sn.
Sazkia Noor Anggraini, S.Sn., M.Sn.
Agustinus Dwi Nugroho, S.I.Kom., M.Sn.
I Wayan Nain Febri, S.Sn., M.Sn.