PENINGKATAN KOMPETENSI BIDANG ANIMASI BAGI PARA DOSEN PRODI D-3 ANIMASI MELALUI UJI KOMPETENSI

Perkembangan teknologi yang kian pesat semakin meningkatkan kebutuhan akan dunia animasi di hampir semua bidang, tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Program Studi (Prodi) D-3 Animasi, Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta saat ini telah menyelaraskan dengan kebutuhan industri di bidang animasi dengan lebih memantapkan dan meningkatkan kemampuan kompetensi bidang dalam lingkup animasi. Menindaklanjuti peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, setiap dosen perlu dibekali kualifikasi dan kompetensi yang memadai untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Perguruan Tinggi, maka para dosen dituntut untuk memiliki kompetensi dan kemampuan yang lebih dalam menunjang kebutuhan akademik dan dunia kerja yang sesuai dengan kebidangannya.

Hal tersebut bertepatan dengan hadirnya Program Penguatan Perguruan Tinggi Vokasi (PPPTV) dalam program peningkatan kompetensi, Prodi D-3 Animasi bekerja sama dengan Asosiasi Profesi Telematika Indonesia (APTI) dan LSP TIK Indonesia dalam menyelenggarakan Program Pelatihan dan Uji Kompetensi bidang animasi pada pertengahan Desember 2020. Terdapat dua skema yang diujikan dalam program tersebut yaitu, skema Motion Graphic Artist dan 3D Lowpoly Model Artist. Program yang kedua diselenggarakan oleh LSP TIK Indonesia yang bertempat di Surabaya dan dilaksanakan secara daring mulai dari pelatihan hingga uji kompetensi bidang dengan tiga skema yang diujikan yaitu skema Teknik 3D Lowpoly, skema 3D animation dan skema Motion Graphic 3D.  Dengan mengikuti kegiatan tersebut, diharapkan bisa menjadi bekal bagi seluruh dosen Prodi D-3 Animasi untuk semakin meningkatkan kinerjanya.

PELATIHAN TEKNIK 3D LOWPOLY
Muhammad Helmi Hawari memberikan pelatihan teknik 3D Lowpoly kepada para dosen Prodi D-3 Animasi, FSMR, ISI Yogyakarta secara daring pada pertengahan Desember 2020.
FOTO BERSAMA
Para dosen Prodi D-3 Animasi, FSMR, ISI Yogyakarta berfoto bersama di Lab. Komputer, Gedung Dekanat FSMR, ISI Yogyakarta setelah mengikuti pelatihan dan uji kompetensi pada pertengahan bulan Desember 2020.
TANGKAP LAYAR KEGIATAN PELATIHAN
Tampak beberapa dosen Prodi D-3 Animasi, FSMR, ISI Yogyakarta sebagai peserta yang sedang mengikuti pelatihan dalam rangka pelatihan dan uji kompetensi pada pertengahan bulan Desember 2020 yang diselenggarakan secara daring.
 
 
Bagikan