PEMBUKAAN PAMERAN DAN PENAYANGAN KARYA SENI MEDIA REKAM“REBIRTH.REFORM.REVIVAL” DALAM RANGKA DIES NATALIS KE-37 ISI YOGYAKARTA

Dies Natalis ke-37 ISI Yogyakarta adalah perayaan Dies Natalis kedua yang digelar di tengah masa pandemi. Peringatan tahun ini dilaksanakan dengan format luring terbatas sebagai bentuk adaptasi yang sekaligus menjadi tema besar Dies Natalis ke-37 ISI Yogyakarta, yaitu “Kebangkitan Seni di Era New Normal”. Sebagai bentuk respons terhadap tema tersebut, Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) mendukung rancangan program besar ISI Yogyakarta dengan menyelenggarakan pameran dan pemutaran karya  seni media rekam dengan tajuk “Rebirth.Reform.Revival”.

Judul pameran ini diusung dengan harapan bahwa saat ini bisa menjadi era baru kebangkitan seni di era new normal. Pada awal pandemi covid-19, hampir semua kegiatan kesenian dihentikan karena adanya beberapa bulan masa pembatasan yang harus dipatuhi masyarakat seluruh dunia untuk kebaikan dan keselamatan bersama, termasuk di dunia kesenian. Pada momentum ini seni lahir kembali dengan kebiasaan-kebiasaan baru yang dibentuk untuk menyesuaikan kondisi yang ada, dengan adanya cara-cara baru yang dirancang untuk tetap dapat mempertahankan eksistensinya. Pada akhirnya kesenian dapat bangkit kembali dengan terus mengembangkan ekperimen dalam proses, teknik, penyajian, serta cara presentasinya.

Pameran “Rebirth.Reform.Revival” menjadi sajian baru dalam gelaran seni karena diselenggarakan secara hybrid  (online dan offline). Pameran fisik tetap diselenggarakan secara offline di Galeri Pandeng, FSMR, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta agar penikmat karya seni tetap bisa mendapatkan pengalaman estetis dengan menyaksikan langsung karya seni yang dipamerkan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Penayangan film dan keseluruhan pelaksanaan pameran ini juga diselenggarakan secara online di laman Galeri Pandeng www.galeripandeng.isi.ac.id agar dapat menjangkau khalayak yang lebih luas.

Pada gelaran tahun ini, FSMR menampilkan 90 karya yang terdiri dari karya fotografi, film fiksi, program TV, dokumenter, film animasi, desain karakter, dan permodelan 3-D. yang telah dikurasi oleh Dr. Samuel Gandang Gunanto, S.Kom., M.T. (animasi), Agustinus Dwi Nugroho, S.I.Kom., M.Sn.(televisi), dan Kurniawan Adi Saputro, S.I.P., M.A., Ph.D (fotografi).  Diharapkan pameran dan penayangan karya seni media rekam ini dapat menjadi tonggak baru kebangkitan seni yang masih terus bergulat dengan pandemi Covid-19 agar berbagai penayangan, pameran, dan pergelaran seni semakin bergeliat lagi.

Berikut ini adalah rangkaian kegiatan FSMR untuk Dies Natalis ke-37 ISI Yogyakarta:

  1. Pameran dan penayangan karya seni media rekam “Rebirth.Reform.Revival
  2. Pameran fisik di Galeri Pandeng FSMR ISI Yogyakarta dilaksanakan tanggal 21 – 28 Juni 2021.  Pembukaan pameran tanggal 21 Juni 2021 pukul 15.00 WIB secara daring melalui platform Zoom dan live streaming YouTube.
  3. Menampilkan 90 karya yang terdiri dari karya fotografi, poster film, desain karakter, serta ilustrasi.
  4. Penayangan online film fiksi, film animasi, dokumenter, dan program tv  dapat diakses di laman Galeri Pandeng : galeripandeng.isi.ac. pada tanggal 26 dan 27 Juni 2021.
  5. Khalayak umum dapat menyaksikan penayangan dengan memesan tiket secara online tanpa dipungut biaya.
  • Pameran internasional FSMR bekerja sama dengan PSA (Photographic Society of America).
    • Pameran fotografi yang akan diikuti oleh peserta pameran PSA dari anggota PSA yang tersebar di 60 negara, termasuk karya dari dosen FSMR, kolega fotografer profesional, dan mahasiswa.
    • Pembukaan akan dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2021, bertempat di Galeri Katamsi, ISI Yogyakarta
  • Pameran internasional FSMR bekerja sama dengan FIAP (Fédération Internationale de l’Art Photographique).
  • Acara ini merupakan persiapan Galeri Pandeng FSMR menjadi FIAP Exhibition Centre di Yogyakarta (sebagai representative exhibition center FIAP pertama di Indonesia), yang pameran seni media/ multimedia sebagai pameran internasional.
  • FSMR akan menyajikan karya dalam bentuk fotografi, film, dan animasi hasil karya dosen, kolega profesional, dan mahasiswa beserta anggota FIAP yang tersebar dari berbagai negara.
  • Pembukaan akan dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2021 bertempat di Galeri Pandeng FSMR ISI Yogyakarta, yang secara simultan akan dilakukan setelah pembukaan pameran internasional FSMR bersama PSA di Galeri Katamsi.
Pameran dan pemutaran karya  seni media rekam dengan tajuk “Rebirth.Reform.Revival” dibuka oleh Rektor ISI Yogyakarta pada tanggal 21 Juni 2021 secara daring melalui platform Zoom dan live streaming YouTube.
Dekan FSMR, Dr. Irwandi, M.Sn. memberikan sambutannya dan apresiasinya terhadap seluruh kerja keras panitia dalam mewujudkan pameran dan pemutaran karya  seni media rekam dengan tajuk “Rebirth.Reform.Revival” yang akan diadakan pada 21-28 Juni secara hybrid (luring & daring).
Dr. Drs. Sarjiwo, M.Pd. selaku Ketua Umum Dies Natalis ke-37 ISI Yogyakarta turut menyampaikan sambutannya dalam pembukaan 
pameran dan pemutaran karya  seni media rekam dengan tajuk “Rebirth.Reform.Revival” yang diadakan pada hari Senin (21/06).
Koordinator FSMR untuk kegiatan Dies Natalis ke-37 ISI Yogyakarta, Nissa Fijriani, M.Sn. memberikan laporan dan sambutannya secara daring untuk pembukaan 
pameran dan pemutaran karya  seni media rekam dengan tajuk “Rebirth.Reform.Revival” yang akan diadakan pada hari Senin (21/06).
Pameran dan pemutaran karya  seni media rekam dengan tajuk “Rebirth.Reform.Revival” dibuka oleh Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum. pada tanggal 21 Juni 2021 secara daring melalui platform Zoom dan live streaming YouTube.
Pemotongan buntal yang dilakukan oleh Dekan FSMR yang secara simbolis mewakili kehadiran Rektor ISI Yogyakarta di Galeri Pandeng sebagai tempat pameran luring menandai bahwa acara pameran dan pemutaran karya  seni media rekam dengan tajuk “Rebirth.Reform.Revival” resmi dibuka pada hari Senin (21/06).
Sebagai perwakilan dari tim kuratorial FSMR, Kurniawan Adi Saputro, S.I.P., M.A., Ph.D memaparkan catatan kuratorial untuk karya-karya yang dipamerkan dan ditayangkan dalam pameran dan pemutaran karya  seni media rekam dengan tajuk “Rebirth.Reform.Revival” yang diadakan pada 21-28 Juni.
Sebagai salah satu bentuk luring terbatas dalam pembukaan pameran dan penayangan karya seni media rekam dengan tajuk “Rebirth.Reform.Revival” adalah tur di Galeri Pandeng yang dipimpin oleh Koordinator Panitia, Nissa Fijriani, M.Sn. dengan didampingi salah seorang mahasiswi FSMR sebagai representasi penonton (21/06).
Bagikan


EnglishIndonesian