PELUNCURAN APLIKASI SEMAR SEBAGAI GERBANG MENUJU ZONA INTEGRITAS

Pada hari Rabu, 30 Desember 2020 melalui aplikasi Zoom Meeting, Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta meluncurkan aplikasi Surat Elektronik Media Rekam (SEMAR).  Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum. yang diwakili oleh Pembantu Rektor I, Dr. Stepanus Hanggar Budi Prasetya, S.Sn., M.Si. dan dibuka oleh Dekan FSMR, Dr. Irwandi, S.Sn., M.Sn tersebut dihadiri oleh kurang lebih 65 peserta yang terdiri dari pejabat struktural di lingkungan ISI Yogyakarta dan civitas academica FSMR ISI Yogyakarta.

Pada acara peluncuran SEMAR tersebut  Dekan FSMR,  Dr. Irwandi, S.Sn., M.Sn. menuturkan bahwa SEMAR merupakan konsep untuk aplikasi surat menyurat yang terintegrasi dari berbagai macam sumber di lingkungan FSMR sehingga diharapkan dapat menjadi sebuah aplikasi yang tersentralisasi. Lingkungan keluarga besar FSMR harus melakukan pembudayaan digital minded dengan aplikasi SEMAR tersebut agar dapat memaksimalkan surat menyurat secara elektronik. Pada saat ini FSMR masih menggunakan surat kertas namun sudah mulai dibarengi dengan surat elektronik sehingga diharapkan mulai Januari 2021 menjadi terintegrasi penuh pada surat elektronik dari SEMAR saja. Aplikasi yang diluncurkan oleh FSMR ini bisa dibilang pioneer di lingkungan kampus ISI Yogyakarta. Aplikasi ini juga muncul untuk merespons bentuk kuliah online/daring yang masih akan diterapkan di semester mendatang karena pandemi belum berakhir.

Fungsi lain dari aplikasi SEMAR yaitu selain urusan surat-menyurat juga menjadi media pengarsipan pribadi karena secara otomatis surat yang diberikan pada pribadi akan tersimpan dalam kantong-kantong memori berformat Website tersebut. Pandemi ini menjadi sebuah momentum penting karena menambah nilai fungsi SEMAR, sehingga mahasiswa dan dosen serta tenaga kependidikan (tendik) dapat mengurus surat-menyurat dari jarak jauh untuk mengurangi kontak langsung yang berisiko pada penyebaran COVID-19. SEMAR dalam implementasinya dapat berfungsi untuk mengurus  atau mengajukan surat kerja praktik, pengajuan cuti, tugas akhir, informasi transkrip nilai dan SKL, Surat Keterangan Aktif, permohonan izin peminjaman studio/peralatan, permohonan izin tempat/penelitian/pengambilan gambar, permohonan KP/PKL/Blangko Nilai, jadwal kelas, jadwal konsultasi online mahasiswa dan dosen, dan lain sebagainya.

Pandemi COVID-19 membuat lembaga harus bisa melaksanakan kegiatannya dengan lancar sehingga setiap unit kerja dituntut untuk bisa memberikan ruang untuk merentangkan jangkauan kerja secara jarak jauh. Peluncuran aplikasi SEMAR juga menjadi bagian dari perwujudan E-Office Zona Integritas di FSMR ISI Yogyakarta yang berorientasi pada maksimalnya pelayanan publik.  Dalam kesempatan tersebut Pembantu Rektor I, Dr. Stepanus Hanggar Budi Prasetya, S.Sn., M.Si. menyampaikan bahwa peluncuran aplikasi SEMAR ini menjadi momentum yang baik di kala pandemi karena dapat mempermudah dan memaksimalkan kinerja dosen dan tendik secara online sehingga kedepannya kelak bisa dikembangkan juga di seluruh wilayah ISI Yogyakarta dengan nama dan kemasan yang baru sehingga terintegrasi secara utuh dan sinkron di lingkungan  ISI Yogyakarta secara keseluruhan.

Saat ini semua mahasiswa FSMR telah memiliki akun terverifikasi di aplikasi SEMAR.  Maka, selanjutnya mahasiswa yang mengajukan permohonan layanan harus mengisi terlebih dahulu formulir pengajuan penerbitan surat mahasiswa. Surat tersebut nantinya akan dibuat secara elektronik melalui aplikasi SEMAR dan salinan surat akan dikirimkan melalui akun email mahasiswa. Mahasiswa akan diminta mengisi data pengusul berupa nama mahasiswa, NIM, Semester, No HP, Email, Alamat, Jenjang studi, Jurusan, serta Program Studinya.

DIBUKA OLEH DEKAN
Dekan FSMR Dr. Irwandi, S.Sn., M.Sn. membuka peluncuran aplikasi Surat Elektronik Media Rekam (SEMAR) melalui aplikasi Zoom Meeting, Rabu (30/12). SEMAR merupakan aplikasi surat menyurat elektronik bertujuan mempermudah dan menjadi medium pengarsipan elektronik.
MODERATOR
Adya Arsita, S.S., M.A. sebagai moderator menggelar sesi tanya jawab dengan peserta dan wartawan saat peluncuran aplikasi berbasis website dengan nama Surat Elektronik Media Rekam (SEMAR) melalui aplikasi Zoom Meeting pada Rabu (30/12). SEMAR merupakan aplikasi surat menyurat elektronik yang terintegrasi penuh dengan Website FSMR.
PELUNCURAN SEMAR 1
Tampilan latar belakang peluncuran aplikasi berbasis website dengan nama Surat Elektronik Media Rekam (SEMAR)  melalui aplikasi Zoom Meeting, Rabu (30/12). SEMAR merupakan aplikasi surat-menyurat elektronik dengan tujuan mempermudah dan menjadi medium pengarsipan elektronik.
PEMBANTU REKTOR I
Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta, Dr. Stepanus Hanggar Budi Prasetya, S.Sn., M.Si. memberikan sambutan saat  peluncuran aplikasi Surat Elektronik Media Rekam (SEMAR) melalui aplikasi Zoom Meeting, Rabu (30/12). Dalam sambutannya, ia menyampaikan aplikasi ini menjadi momentum yang baik di saat pandemi karena dapat mempermudah dan memaksimalkan kinerja dosen secara online sehingga kedepannya diharapkan bisa dikembangkan di wilayah Institut dengan nama dan kemasan yang baru sehingga terintegrasi dengan seluruh  ISI Yogyakarta secara keseluruhan.
TAMPILAN WEB SEMAR
Tampilan Website Surat Elektronik Media Rekam (SEMAR) , Rabu (30/12).
Bagikan