JMMK#12 BERKREASI UNTUK BERANI TAMPIL BEDA DI TENGAH PANDEMI

Jalan Menuju Media Kreatif (JMMK) #12  yang telah dibuka pada hari Jumat, (23/10) merupakan pembuktian eksistensi dari Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta untuk terus eksis berkarya pada masa Pandemi Covid-19. Setelah dibuka oleh Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum, pameran seni yang berlangsung secara sederhana di sela-sela pandemi tersebut diharapkan tidak mengurangi antusias masyarakat untuk turut menyaksikan. Dalam pembukaan tersebut Rektor ISI Yogyakarta juga berpesan agar keja sama dengan universitas dan kemitraan yang lain untuk selalu dijaga karena selain ikut berkontribusi melalui kiriman karya seni, universitas luar juga menjadi partner, tolok ukur, dan kompetitor bagi ISI Yogyakarta. Rektor juga menyampaikan bahwa FSMR merupakan fakultas yang sangat produktif, karena masa pandemi atau tidak berbagai kegiatan tetap berjalan walaupun dengan kemasan yang berbeda.

JMMK #12 diberi tema “Media Kreatif di Tengah Pandemi” merupakan momentum besar yang selalu bertepatan dengan hari jadi FSMR,  kini pada usia FSMR yang ke-26 tahun  JMMK berani tampil beda. Di tengah pandemi Covid-19, segala daya dan upaya dioptimalkan, sehingga ruang pamer konvensional yang dimiliki FSMR, Galeri Pandeng, ditransformasikan ke dalam suatu ruang virtual dengan laman galeripandeng.isi.ac.id  Tidak hanya pameran online saja, momentum hari jadi FSMR juga dimeriahkan dengan berbagai workshop dan diskusi sebagai rangkaian perhelatan FSMR, termasuk seminar akademik yang tentu nantinya akan memberi ruang bagi para dosen peneliti  untuk mencurahkan buah pikiran, ide, gagasan, dan hasil penelitiannya.

Ketua Panitia JMMK#12, Latief Rakhman Hakim, M.Sn. mengatakan bahwa  JMMK#12 menampilkan 36 karya fotografi, 30 karya animasi, dan 35 karya film pendek fiksi, film pendek dokumenter, video seni, serta karya skenario yang terkurasi dalam pameran dan penayangan ini.  Karya seni yang dipamerkan berasal dari  dalam negeri dan bahkan institusi luar negeri.  Latief Rakhman Hakim, M.Sn.  juga menambahkan karena sifatnya online sehingga pameran ini masih bisa terarsip dan masih bisa dilihat walaupun hari dan tanggal penayanganya sudah selesai.

AWAK STUDIO. Mahasiswa dan Dosen di lingkungan FSMR melakukan siaran di Studio Besar Jurusan Fotografi pada saat pembukaan JMMK#12, Jumat (23/10). Selain dibuka oleh Rektor ISI Yogyakarta, pembukaan tersebut juga menampilkan beberapa karya foto dan film hasil karya mahasiswa dan rekanan dari institusi luar kampus dan luar negeri.
KONSEP KURASI. Agustinus Dwi Nugroho, S.I.Kom., M.Sn. dan Dr. Samuel Gandang Gunanto, S.Kom., M.T. menjabarkan konsep kurasi untuk penayangan JMMK#12 di Studio Besar Jurusan Televisi, FSMR, ISI, Yogyakarta, Jumat(23/10). Dalam proses kurasinya Agustinus Dwi Nugroho, S.I.Kom., M.Sn. memaparkan tentang pentingnya memuat unsur, kreativitas, budaya, dan pendidikan dalam sebuah karya.
MEMBUKA JMMK #12. Rektor ISI Yogyakarta, Prof.Dr. M. Agus Burhan, M.Hum. bersama Dekan FSMR Dr. Irwandi, M.Sn. membuka pameran Jalan Menuju Media Kreatif (JMMK) #12 pada hari Jumat, (23/10). Menurut Rektor ISI Yogyakarta, pameran tersebut merupakan pembuktian eksistensi dari Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta untuk terus berkarya di masa Pandemi Covid-19.
TELECONFRENCE DENGAN BAPAK SOEDJAI. Panitia pameran Jalan Menuju Media Kreatif (JMMK) #12 melakukan teleconference dengan Soedjai Kartasasmita saat pembukaan penayangan JMMK#12 di Studio Satu Jurusan Televisi, FSMR, ISI, Yogyakarta, Jumat(23/10). Soedjai Kartasasmita atau sering mendapatkan julukan maestro sawit Indonesia turut berperan aktif dalam perkembangan FSMR, salah satunya yaitu memberikan beasiswa pada mahasiswa yang berprestasi di lingkungan FSMR.