International Photo Exhibition “Borderless”: Wujud Nyata Kerja Sama PSA Worldwide dengan Jurusan Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta

Connecting people” adalah salah satu kekuatan fotografi, terutama di dunia sekarang yang serba nyaris “tanpa batas”. Photographic Society of America (PSA) Worldwide sebagai organisasi internasional telah menghubungkan para anggotanya yang berada di lebih dari 80 negara dari seluruh penjuru dunia dengan berlandaskan pada komitmen merayakan dan mengapresiasi fotografi.  Selain itu, PSA juga terhubung dengan organisasi dan komunitas fotografi lainnya di seluruh dunia.

Dalam upaya menghubungkan masyarakat, PSA Worldwide bersama Art Photography of Indonesia – API(anggota klub PSA), bekerja sama dengan Jurusan Fotografi, Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta) menyelenggarakan pameran cetak internasional PSA yang pertamadi Indonesia dengan tema “Borderless” di Galeri R.J. Katamsi, ISI Yogyakarta.  PSA Worldwide bertekad untuk selalu mempromosikan seni fotografi dan mendorong generasi muda untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui lensa kamera.  Ketua Panitia Pameran sekaligus salah satu kurator dari pameran ”Borderless”, Oscar Samaratungga, S.E., M.Sn., yang saat ini sedang menjabat sebagai Ketua Jurusan (Kajur) Fotografi FSMR ISI Yogyakarta, berharap agar pameran ini dapat memberikan informasi, edukasi, motivasi, dan menjadi wujud komunikasi visual dari berbagai budaya dan gaya kreativitas untuk memperluas wawasan tentang fotografi dan seni bagi yang melihatnya.

Persiapan pameran “Borderless” dilakukan di tengah pandemi global, sehingga tema pameran yang menyiratkan bahwa tidak ada batas nyata dalam keberadaan manusia, telah mengambil relevansi baru. Pandemi telah mengubah interaksi manusia karena perbedaan dan jarak lokasi secara fisik bukanlah penghalang yang berarti. Maka, komunikasi virtual memainkan peran yang semakin penting dalam menghubungkan orang.  Seiring arus informasi, teknologi, pengetahuan, dan pertukaran budaya yang terus meningkat dan nyaris tak terelakkan, PSA Worldwide terus beradaptasi dengan perubahan untuk berinteraksi dengan para anggotanya dan semua fotografer dari seluruh dunia yang memiliki minat yang sama.

Pameran fotografi internasional bertajuk “Borderless” yang diadakan di Galeri R.J. Katamsi milik ISI Yogyakarta dibuka secara resmi secara on site oleh Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum. dan Presiden PSA Worldwide periode 2021-2023, J.R. Schnelzer, MS, FPSA, MPSA2, EFIAP turut menyambut melalui Zoom dan live streaming di kanal Youtube, dengan dihadiri secara virtual oleh para staf pengajar dan pimpinan FMSR ISI Yogyakarta dan anggota PSA dari seluruh dunia pada hari Selasa, 31 Agustus 2021. Dalam kesempatan istimewa tersebut, PSA Worldwide mengirimkan perwakilannya, Agatha Anne Bunanta, S.E., M.B.A. HonCNPS, Hon SSS, FPSA, GMPSA, GPSA, EFIAP/p, ARPS, GPU-Cr4, GPU-VIP3, E.FPSI, A.FPSI***  yang menjabat sebagai International Relationships Vice President (IRVP) yang kebetulan juga menjadi Direktur Art Photography of Indonesia (API) sekaligus merupakan kurator dari pameran “Borderless”. 

Demi menjaga protokol kesehatan selama masa pandemi, tamu undangan yang hadir secara luring hanya terbatas pada Rektor ISI Yogyakarta, Dekan FSMR ISI Yogyakarta, Wakil Dekan I FSMR ISI Yogyakarta, Ketua Jurusan Fotografi, FSMR ISI Yogyakarta, dan Agatha Anne Bunanta selaku IRVP PSA dan beberapa praktisi dan ahli fotografi senior.

Pameran fotografi internasional “Borderless” mewakili semua jenis dan genre fotografi sebagai bentuk ekspresi seni. Total 243 foto yang dipamerkan terdiri dari 188 foto dari 188 anggota PSA (66 anggota PSA di antaranya berasal dari Indonesia) yang berada di 60 negara, dan 55 foto dari 55 fotografer (terdiri dari dosen, mahasiswa, dan kolega/mitra kampus dari ISI Yogyakarta).  Tujuan diadakannya pameran ini adalah untuk memublikasikan karya fotografi para dosen dan mahasiswa Jurusan Fotografi, FSMR ISI Yogyakarta bersama dengan para fotografer Indonesia lainnya serta anggota PSA yang tersebar dari seluruh penjuru dunia dalam suatu tataran perhelatan pameran tingkat internasional. 

Dekan FSMR, ISI Yogyakarta, Dr. Irwandi, M.Sn. menegaskan bahwa pameran ini juga diadakan sebagai bentuk kerja sama internasional antara Jurusan Fotografi, FSMR ISI Yogyakarta dengan PSA Worldwide, sehingga kelak akan membuka jejaring yang lebih luas ke komunitas fotografi internasional lainnya.  “Saya harap pameran internasional ini dapat memperluas wawasan fotografi dan seni dari semua fotografer Indonesia, khususnya para mahasiswa Jurusan Fotografi di FSMR ISI Yogyakarta”, demikian imbuh Dekan FSMR.  Sementara itu, Wakil Dekan I FSMR ISI Yogyakarta, Dr. Edial Rusli, S.E., M.Sn. menyampaikan bahwa pameran ini bisa dianggap sebagai suatu capaian dalam memenuhi salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, yaitu dosen dan mahasiswa dapat memamerkan karya fotografinya melalui proses kuratorial yang profesional oleh kurator eksternal, dalam hal ini oleh Agatha Anne Bunanta, S.E., M.B.A – Wakil Presiden untuk Hubungan Internasional dari PSA Worldwide.

“PSA berkomitmen mendorong mahasiswa Jurusan Fotografi untuk berani mengekspresikan kreativitas mereka melalui fotografi.  Jangan sampai tidak percaya diri dan gentar untuk memasuki kancah internasional”, demikian disampaikan Agatha Anne Bunanta, S.E., M.B.A.  Ia berharap dengan adanya pameran ini akan membuka wawasan dan memotivasi generasi muda, atau dalam hal ini adalah mahasiswa Jurusan Fotografi untuk lebih kreatif dalam berkarya. Pameran ini juga akan menjadi ajang memperkenalkan para fotografer muda yang ikut serta dalam pameran ini ke komunitas international. PSA berharap kolaborasi ini akan membuka jejaring dan kerja sama dan kesempatan yang lebih luas di dunia international baik untuk ISI Yogyakarta, FSMR, dan para fotografer muda lainnya. Walaupun saat ini sedang masa pandemi, namun justru sekaranglah saatnya untuk memulai selalu berpikir positif dalam berkarya sehingga menghasilkan karya yang besar dan kreatif sehingga dapat memacu diri untuk lebih kritis dalam mencipta karya.  Agatha juga menambahkan, “Seni itu adalah ‘alat’ yang bisa dipakai sebagai cara mengekspresikan diri secara positif dan kreatif pada saat-saat prihatin seperti saat pandemi ini. Selain itu maksimalkan teknologi, misalnya online gallery website agar akses ke pameran virtual lebih mudah, karena kini semua sudah tanpa batas nyata, ‘borderless’ seperti tema pameran ini.”

International Photo Exhibition “Borderless” ini bisa disaksikan di Galeri R.J. Katamsi hingga tanggal 11 September 2021 dengan melakukan sistem reservasi demi menjaga protokol keamanan dan kesehatan selama masa pandemi Covid-19.  Reservasi dapat dilakukan dengan cara menghubungi narahubung Nurjati (0852 0085 5971) dan Tasya (081 916 090 187).

e-Catalogue Pameran Borderless dapat diunduh dari tautan berikut:
(e-Catalogue of Borderless Exhibition can be downloaded from the link below)

https://bit.ly/BORDERLESS_CATALOGUE_PSA_FSMRISIYOGYA

Bertempat di Galeri R.J.Katamsi, Dekan FSMR ISI Yogyakarta, Dr. Irwandi, M.Sn., menyampaikan bahwa pameran “Borderless” kerja sama antara PSA Worldwide dan Jurusan Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta merupakan wujud nyata kolaborasi bertaraf internasional (31/08).
Kajur Fotografi, FSMR ISI Yogyakarta, Oscar Samaratungga, S.E., M.Sn. dalam kegiatan International Photo Exhibition “Borderless” menjadi ketua panitia sekaligus merangkap sebagai kurator. Dalam pidato kuratorialnya pada pembukaan pameran di Galeri R.J. Katamsi pada hari Selasa, 31 Agustus 2021, ia berharap agar pameran ini dapat menjadi wujud komunikasi visual dari berbagai budaya dan gaya kreativitas untuk memperluas wawasan tentang fotografi dan seni.
J.R. Schnelzer, MS. FPSA, MPSA2, EFIAP (Incoming President PSA Worldwide periode 2021-2023) turut bergabung melalui Zoom meeting room untuk memberikan sambutannya untuk pembukaan pameran “Borderless” di Galeri R.J. Katamsi, ISI Yogyakarta (31/08).
Seusai seremonial pembukaan International Photo Exhibition “Borderless”, Rektor ISI Yogyakarta melakukan peninjauan karya yang dipamerkan di Galeri R.J. Katamsi didampingi oleh kedua kurator pameran pada hari Selasa (31/08).
Seluruh hadirin berfoto bersama Rektor ISI Yogyakarta dan Agatha Bunanta yang berdiri berdampingan di depan Galeri R.J. Katamsi, ISI Yogyakarta pada hari Selasa (31/08).

Bagikan