FSMR SIAP MENGIRIMKAN DELEGASI TERBAIK KE AJANG FKI XI – BANDUNG 2021

Perhelatan Festival Kesenian Indonesia (FKI) merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali yang bertujuan untuk memperkuat ikatan persaudaraan perguruan tinggi seni melalui praktik kolaborasi yang didorong oleh produktivitas intelektual perguruan tinggi seni se-Indonesia di bawah naungan Badan Koordinasi Perguruan Tinggi Seni (BKPTS) Indonesia. Ruang kreatif dan aktivitas FKI-XI 2021 kini dirancang sebagai representasi keunggulan intelektual dan perkembangan kreativitas pendukung seni budaya khususnya di lingkungan Perguruan Tinggi Seni Indonesia (PTSI).

ISBI Bandung sebagai salah satu pusat Pendidikan Tinggi Seni Budaya Indonesia di Jawa Barat pada perhelatan tahun 2021 ini didaulat sebagai tuan rumah Festival Kesenian Indonesia (FKI) ke-11 dengan mengimplementasi keragaman budaya yang diperkuat dengan keharmonisan seni dalam ekosistem budaya dengan tema “INDONESIA ART SPIRIT : Diversitas & Ekosistem Budaya”.  FKI XI akan diselenggarakan pada tanggal 20-25 Oktober 2021 dengan berbagai agenda kegiatan seni.

Secara praktis kegiatan ini akan melibatkan beberapa perguruan tinggi seni yang terdapat di beberapa wilayah besar di Indonesia, yaitu Aceh, Padang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Jakarta Bali, bahkan Papua. Pelibatan ini dipilih berdasarkan kurasi secara akademik atau berdasarkan pada keberadaan perguruan tinggi seni dari zona-zona wilayah di Indonesia.  Tujuan diselenggarakannya FKI XI antara lain adalah sebagai ajang silaturahmi bagi seluruh perguruan tinggi seni se-Indonesia dalam konsentrasi pemajuan kebudayaan nasional.  Selain itu, kegiatan ini juga akan membuka ruang bagi keanekaragaman budaya secara maksimal untuk memungkinkan tiap entitas budaya memiliki pertumbuhan yang baik, serta untuk merangkul para pemilik warisan budaya agar mampu berkolaborasi yang kelak akan merangsang potensi pengusaha untuk memformulasikan jaringan bisnis kesenian di tanah air. 

Kategori karya yang akan ditampilkan pada FKI XI  yaitu : karya seni pertunjukan meliputi tari, musik, dan teater; karya seni rupa dan fotografi; karya film dokumenter; dan karya-karya ilmiah. Pameran dan penayangan karya akan dilakukan secara virtual melalui streaming kanal Youtube, Zoom, dan juga melalui platform Artsteps Virtual Exhibition – sebuah layanan galeri virtual.

Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta pun mulai bersiap untuk berpartisipasi dan berkontribusi pada perhelatan akbar FKI XI pada bulan Oktober mendatang di Bandung.  Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), ISI Yogyakarta juga bergegas mempersiapkan diri dengan membuka call for exhibition  dan  call for paper yang merupakan bagian besar rangkaian FKI XI.  Masing-masing program studi (prodi) di FSMR telah mengoordinir para dosen dan mahasiswanya untuk turut ambil bagian sebagai delegasi FKI XI, Bandung – 2021 yang mengusung tema “Indonesia Art Spirit – Culture Ecosystem & Diversity”.   Khusus untuk karya seni berupa fotografi, film animasi, dan film dokumenter diberi tenggat waktu pengumpulan hingga tanggal 25 September 2021 dengan koordinasi dari masing-masing prodi.

Informasi lengkap terkait pelaksanaan FKI XI, Bandung-2021 dapat diakses melalui www. fkixi2021.com; kanal Youtube @Festival Kesenian Indonesia XI; ataupun media sosial Instagram @fki.xi2021.

Bagikan


EnglishIndonesian