WORKSHOP “CASE METHOD DAN TEAM BASED PROJECT LEARNING” FAKULTAS SENI MEDIA REKAM INSTITUT SENI INDONESIA YOGYAKARTA 19 s.d 21 MEI 2021

Dunia pendidikan tinggi pada saat ini menghadapi tantangan yang lebih kompleks. Perguruan Tinggi dituntut memenuhi 8 kriteria IKU serta menyiapkan kampus sebagai tempat untuk menggodog insan-insan yang siap memasuki dunia kerja dengan kemampuan maksimal. Selaras dengan itu, Sistem pembelajaran aktif (active learning system) dinilai lebih terap pada pendidikan tinggi di masa kini agar lebih berjalan seiring dengan dunia usaha dan dunia industri.

Sistem pendidikan perguruan tinggi tidak lagi hanya bersandar pada input dan output mahasiswa, namun mahasiswa juga harus menguasai learning outcome, yang mana lulusan dapat bekerja dengan baik di bidangnya, sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.  Hal ini selaras dengan tuntutan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang memberikan kemerdekaan kepada mahasiswa untuk memilih belajar di luar kampus salah satunya di dunia industri.

Guna mencapai tujuan di atas, sistem pembelajaran di perguruan tinggi harus disesuaikan dan diselaraskan secara terus menerus. Dosen sebagai tenaga pengajar, memiliki peran yang penting dalam mewujudkan capaian pembelajaran lulusan mahasiswa. Dosen berkewajiban untuk selalu meningkatkan kompetensi, salah satunya dengan mengembangkan penguasaan metode pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Dalam rangka peningkatan kompetensi dosen tersebut, Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta akan melaksanakan kegiatan workshop case method dan team based project learning yang merupakan bentuk dari metode pembelajaran aktif. Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dosen yang akan mendorong capaian pembelajaran lulusan guna menghasilkan outcome lulusan yang berdaya saing. Workshop akan diselenggarakan secara daring pada hari Rabu s.d Jumat, 19 s.d 21 Mei 2021, pukul 13.00 s.d 15.00 WIB setiap harinya menggunakan Zoom Meetings dengan narasumber Isniatun Munawaroh, M.Pd. (Praktisi Pendidikan) serta dimoderatori oleh Agnes Widyasmoro, S.Sn., M.A. (dosen Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta).

Bagikan