UJIAN TUGAS AKHIR PRODI FOTOGRAFI, FSMR, ISI YOGYAKARTA DI TENGAH MASA PANDEMI

Program Studi (Prodi) Fotografi, Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menyelenggarakan Ujian Tugas Akhir (TA) Semester Genap 2019/2020 dengan menggunakan sistem luring dan daring pada 27-31 Juli 2020. DI tengah masa pandemi Covid-19, kebijakan untuk tetap menyelenggarakan Ujian TA diputuskan untuk tetap diselenggarakan dengan mengacu pada berbagai pertimbangan dan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Sebanyak 19 mahasiswa mendaftar untuk mengikuti ujian TA dengan rincian; 10 mahasiswa ujian secara luring dan 9 mahasiswa ujian secara daring.

Khusus pelaksanaan ujian TA secara luring, Prodi Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta, menerapkan protokol yang ketat bagi para pihak yang terlibat dalam setiap jadwal ujian. Pembatasan jarak minimal, pemakaian masker beserta face shield, dan aspek kebersihan lainnya diterapkan dengan pengawasan ketat setiap waktu. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dilakukan dengan disiplin demi keamanan dan kenyamanan semua pihak.

Ujian TA kali ini tentu berbeda dengan ujian TA tahun-tahun sebelumnya. Beberapa prosedur terkait kelengkapan berkas dan standar minimal karya yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang akan mengikuti ujian TA juga disesuaikan dengan berbagai keterbatasan yang dihadapi akibat pandemi. Toleransi terhadap kelengkapan ujian TA tersebut di antaranya adalah jumlah foto karya yang dikurangi menjadi minimal 8 foto/karya, serta tampilan akhir karya yang tidak harus di-finishing dengan pigura, namun dapat di-finishing dengan kertas karton atau kappa board.

Ujian TA daring diikuti oleh mahasiswa yang berada di luar Yogyakarta, dilakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom. Khusus bagi mahasiswa yang mengikuti ujian TA daring, kelengkapan ujian seperti laporan tertulis/skripsi, photobook, dan karya terlebih dahulu dikirimkan  ke Prodi Fotografi, untuk selanjutnya didistribusikan ke masing-masing pembimbing dan penguji ahli. Hal tersebut merupakan cara yang ditetapkan agar pelaksanaan ujian berjalan lancar dan para penguji tetap dapat melihat karya asli yang dibuat oleh mahasiswa.

MEMBAWA PHOTOBOOK
Mahasiswa angkatan 2015, M. Ikhsan, menunjukan hasil karya tugas akhir dengan berjudul “Fosfor Pada Boneka Sebagai Elemen Fotografi Iklan Pada Media Website”  pada saat ujian luring di Prodi Fotografi , Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) pada tanggal 27-30 Juli 2020. Dalam ujian tugas akhir pada saat ini tidak dilakukan pameran karena untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 sehingga semua karyanya akan termuat dalam Photobook, yang biasanya hanya merupakan pelengkap pameran
RUANG  UJIAN DARING
Display monitor ujian daring Prodi Fotografi, FSMR. Ujian tersebut dilakukan secara luring dan daring pada tanggal 27-31 Juli 2020 dengan memperhatikan prosedur protokoler Covid-19 guna mengurangi risiko penularan