Fotografi

Program studi Fotografi adalah bagian dari Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, yang mempelajari dan mengabadikan bentuk-bentuk serta peristiwa-peristiwa, baik alami maupun buatan, dalam rangka menciptakan bentuk karya seni fotografi yang indah dan mempunyai nilai serta makna yang sesuai dengan nilai budaya dan kepribadian nasional.

Profil lulusan program studi Fotografi memiliki kompetensi dalam bidang keahlian: fotografi ekspresi (fotografi yang menekankan aspek seni, kreativitas, dan inovasi yang berorientasi pada ekspresi pribadi penciptanya), fotografi komersial (fotografi yang mengarah pada aplikasi kreativitas dan inovasi dalam wujud pelayanan jasa fotografi secara profesional di dunia kerja, baik secara mandiri maupun di dalam tim), fotografi jurnalistik (fotografi yang menitikberatkan kreativitas dan inovasi di bidang foto jurnalistik yang profesional, beretika, dan menjunjung tinggi profesi).

Program Studi Fotografi memiliki mata kuliah Kerja Profesi yang berbasis pada pengetahuan dan pengalaman di lapangan. Mata kuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan kemampuan secara langsung di dunia kerja dalam rangka meningkatkan kreativitas dan memperkaya pengalaman profesional bidang keahlian serta memperkuat jejaring dengan stakeholder.

Foto bersama Ruben – Fotografi dalam Air

Program Studi Fotografi memproyeksikan profil lulusan yang profesional, menguasai teori, ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik fotografi sehingga terampil dalam proses penciptaan dan pengkajian karya seni fotografi. Diharapkan lulusan mampu bersaing di dunia kerja dan memiliki kompetensi di bidang fotografi sebagai jawaban atas ketatnya persaingan lapangan pekerjaan saat ini.
Jangan ragu berinteraksi dengan kami di:

Fotogafi ISI Yogyakarta in Facebook
http://www.facebook.com/FOTOISIJOGJA

Suasana Pendidikan

Gedung Fotografi

Program studi Fotografi memiliki suasana akademik yang kondusif, nyaman, dan difasilitasi berbagai sarana yang memadai sehingga mendukung peningkatan hasil proses studi. Bersamaan dengan itu, proses interaksi yang terjalin antara tenaga pengajar dan mahasiswa turut membangun suasana akademik yang sesuai dengan harapan.

Sarana

Studio praktik Fotogafi

Studio fotografi dilengkapi dengan peralatan-peralatan berkualitas yang mengacu pada standar profesional dan tuntutan perkembangan kebutuhan terkini. Tersedia sarana, seperti kamera large format (Sinar F2), kamera medium format (Mamiya RZ, Mamiya 645 AFD II, Fuji GX680), studio foto in door, studio alam, kamar gelap (darkroom), studio cetak foto digital (Large Format Printer), dan studio editing foto digital.

Proses Belajar Mengajar

Proses belajar mengajar diselenggarakan melalui kelas teori dan praktik yang dilakukan secara sinergis dan kontinu. Metode pembelajaran klasikal, praktikum, diskusi, seminar, workshop, studi banding, dan Kerja Profesi akan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam meningkatkan kompetensinya.

Profil Ringkas

Fotografi sebagai ilmu terapan merupakan media pengungkapan berbagai fenomena secara visual dalam rangka memenuhi berbagai kepentingan manusia. Sejalan dengan itu, hadirnya fotografi dalam peradaban manusia telah membentuk sebuah wacana visual yang khas dan memiliki seperangkat konsep serta alur tersendiri. Wacana fotografi akhirnya berkembang pesat dan bermanfaat secara luas untuk mengembangkan kemajuan bidang-bidang yang terkait.

Studio Fotografi

Mengingat peran dan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan di berbagai bidang, serta tuntutan kebutuhan masyarakat akan fotografi, Jurusan Fotografi menanggapi dengan meningkatkan kualitas pendidikannya. Peningkatan tersebut dilandasi semangat mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam berkarya melalui kurikulum yang sesuai dan selaras dengan perkembangan zaman. Di era otonomi perguruan tinggi, pengembangan kurikulum baru telah dilakukan berdasarkan pendekatan kompetensi Program Studi Fotografi dengan mengacu Surat Keputusan Mendiknas No.: 232/U/2001 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar serta Keputusan Mendiknas No.: 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

Sebagai hasilnya, program studi Fotografi telah memiliki alumni yang tersebar di seluruh penjuru tanah air pada berbagai bidang profesi, baik sebagai pengajar maupun profesional. Hal tersebut membuktikan bahwa fotografi memiliki andil dalam proses pembangunan bangsa dalam bidang kesenian.

Visi

Menjadi program studi yang unggul, sebagai pusat pendidikan, penelitian, pengembangan, dan pengabdian masyarakat di bidang fotografi, serta menghasikan lulusan berkualitas dengan moral dan integritas tinggi terhadap kepentingan nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang fotografi yang profesional, berwawasan ilmu, teknologi, dan seni
  2. Melaksanakan pengkajian dan penciptaan karya yang berkualitas di bidang fotografi
  3. Melaksanakan transformasi perkembangan iptek guna mendukung kemampuan dan kompetensi dalam penyelenggaraan pendidikan
  4. Menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain, lembaga pemerintah, swasta dan industri (baik di dalam negeri maupun luar negeri)

Tujuan

Menghasilkan lulusan Sarjana Seni di bidang fotografi yang memiliki kompetensi atau kualifikasi kemampuan sebagai berikut:

Secara Umum
1. Berjiwa Pancasila, memiliki integritas dan motivasi tinggi, mempunyai pandangan luas dan bersikap terbuka terhadap perubahan, memiliki prakarsa untuk membuka jalan menuju kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
2. Memiliki etika kerja, dedikasi, dan komitmen yang tinggi

Secara Akademik
1. Menguasai konsep dasar dan metodologi, sehingga mampu melakukan observasi dan analisis fenomena sederhana serta mampu menerapkan ilmu dalam kegiatan produktif dalam pelayanan kepada masyarakat
2. Mengerti peran dan mengikuti kegiatan perkembangan ilmu melalui pengkajian dan proses berkarya
3. Mampu mengantisipasi permasalahan dan mencari cara penyelesaian suatu masalah yang berkaitan dengan fotografi pada masyarakat di bidang keahliannya
4. Mampu mengembangkan ilmu fotografi dan mensintesiskan dengan bidang ilmu terkait
5. Mampu mengabdikan ilmunya bagi pembangunan bangsa, dengan mengembangkan dan mengarahkan pemanfaatan ilmu fotografi yang berwawasan budaya bangsa sehingga berdaya guna dan berhasil guna

Profil Lulusan

Program Studi S-1 Fotografi FSMR ISI Yogyakarta menyelenggarakan pendidikan fotografi memiliki tiga konsentrasi bidang fotografi yaitu penciptaan maupun pengkajian karya fotografi seni/ekspresi (fine art photography); fotografi komersial; dan fotografi jurnalistik. Mahasiswa dibekali dengan berbagai kompetensi yang dapat dijadikan landasan dalam penciptaan maupun pengkajian karya fotografi.

  • Fotografi seni/ekspresi (fine art photography), mahasiswa dibekali dengan materi-materi pembelajaran fotografi yang berkaitan dengan pemanfaatan fotografi sebagai media pengungkapan gagasan, ide, dan rasa yang dilakukan secara kreatif, sistematis serta memenuhi kriteria dalam kaidah-kaidah estetika. Di samping itu, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan untuk melakukan pengkajian pada karya fotografi seni secara sistematis :
  • Fotografi jurnalistik, mahasiswa dibekali dengan kompetensi fotografi jurnalistik melalui proses pembelajaran yang memposisikan fotografi sebagai media visual guna kepentingan jurnalistik. Penanaman kompetensi fotografi jurnalistik meliputi penguatan kemampuan mahasiswa dalam ranah praksis dan analisis untuk melakukan pengkajian fotografi jurnalistik sesuai dengan perkembangan media massa di kancah global
  • Fotografi Komersial, mahasiswa dibekali dengan kompetensi penciptaan dan pengkajian fotografi komersial, seperti fotografi periklanan, fotografi studio, fotografi desain, dll. Kemampuan bekerja dalam tim pemotretan, perancangan, dan pengolahan foto dalam upaya perwujudan foto-foto sesuai dengan fungsinya menjadi perhatian utama. Mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan menganalisis berbagai aspek dalam fotografi  komersial berdasarkan metode-metode ilmiah yang tepat.

Lulusan program studi S-1 Fotografi ISI Yogyakarta adalah sarjana yang memiliki kemampuan berpikir ilmiah, kritis, kreatif, dan inovatif, serta memiliki kemampuan menganalisis untuk menentukan solusi pada berbagai permasalahan di bidang fotografi. Para lulusan mampu menciptakan karya-karya fotografi sesuai dengan kebutuhan stakeholder maupun kebutuhan di bidang seni dan industri kreatif. Lulusan program studi S-1 Fotografi ISI Yogyakarta adalah sarjana fotografi yang dapat bekerja sebagai:
1. Fotografer
2. Berkarir di berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah dan swasta(nasional dan multinasional/luar negeri)
3. Industri media
4. Galeri seni
5. Kurator
6. Editor foto
7. Penyelia
8. Peneliti di bidang fotografi
9. Akademisi (dosen, pembimbing/pelatih) di berbagai institusi pendidikan (perguruan tinggi, sekolah, balai pelatihan, dsb) serta diberbagai lembaga penelitian mandiri maupun dalam perusahaan/industri
10. Secara mandiri, sarjana fotografi memiliki kemampuan untuk menjadi wirausahawan yang dapat mengembangkan kemampuan fotografinya untuk membuka lapangan pekerjaan, seperti fotografer mandiri, dan seniman fotografi

kegiatan lomba foto di kampus

Strategi

Untuk mewujudkan tujuan, Program Studi Fotografi menerapkan strategi sebagai berikut: 1) menyelenggarakan pendidikan di bidang fotografi yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan teknis fotografi yang selalu berkembang seiring dengan perubahan teknologi peralatannya;

dengan sistem pembelajaran yang berimbang antara teori dan praktik

  1. melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang fotografi;
  2. mengarahkan konsentrasi peserta didik pada kemampuan pengkajian dan kemampuan penciptaan seni di bidang fotografi;
  3. meningkatkan mutu sistem pendidikan, penyelenggaraan pendidikan, dan kualitas lulusan;
  4. menciptakan kerja sama dengan lembaga swasta dan lembaga pemerintah yang memiliki bidang kerja fotografi.
Studi lapangan Jakarta Bandung 2011

 

Ketua Jurusan/Program Studi : Dr. Irwandi, M.Sn.
Sekretaris Jurusan/Program Studi : Oscar Samaratungga, S.E., M.Sn.

Dosen/Tenaga Pendidik

Adya Arsita, M.A.
Arti Wulandari, M.Sn.
Kusrini, S.Sos., M.Sn.
Zulisih Maryani, M.A. (Kandidat Doktor)
Dr. Edial Rusli, S.E., M.Sn.
Syaifudin, M.Ds. (Kandidat Doktor)
Muhammad Fajar Apriyanto, M.Sn.
Pamungkas Wahyu Setiyanto, M.Sn.
Kurniawan Adi Saputro, S.I.P., M.A., Ph.D.
Pitri Ermawati, M.Sn.
Aji Susanto Anom Purnomo, S.Sn., M.Sn.
Novan Jemmi Andrea, M.Sn.
Nico Kurnia Jati, M.Sn.
Prof. Drs. Soeprapto Soedjono, M.F.A., Ph. D.
Drs. Surisman Marah, M.Sn.
Dr. Muhammad Kholid Arif Rozaq, S.Hut., M.M.

Dosen Prodi Fotografi