PRODI FOTOGRAFI MELAKUKAN METODE PEMBELAJARAN ONLINE

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan, Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35492/A.A.A5/HK/2020 Tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 19) di Kementerian Pendidikan dan Kebudavaan, serta Surat Edaran Rektor Institut Seni Indonesia Yogyakarta Nomor 1176/IT4/PP/2020 Tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Pendemi Corona di Lingkungan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, maka Jurusan Fotografi, Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, menerapkan kebijakan kuliah online mulai dari 16-28 Maret 2020.

Berbagai kegiatan lain yang menyebabkan berkumpulnya orang dengan jumlah banyak juga ditiadakan selama berlakunya surat edaran tersebut. Mahasiswa dianjurkan untuk melakukan praktik mandiri di rumah atau di studio pribadi. Selain itu, kegiatan kerja praktik lapangan, orientasi profesi, dan kuliah lapangan juga ditunda.
Sebagai himbauan, Ketua Jurusan Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta, Dr. Irwandi, M.Sn., menyarankan agar seluruh sivitas akademika Jurusan Fotografi mematuhi beberapa hal antara lain:

1. Untuk kegiatan belajar mengajar seperti biasa, dosen diharapkan menggunakan fasilitas IT dalam setiap pembelajaran baik dengan menggunakan metode aplikasi sederhana hingga yang sudah sophisticated,
2. Selalu hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan baik di dalam maupun di luar kampus,
3. Untuk mata kuliah praktik seperti penggunaan studio foto dan kamar gelap ditiadakan terlebih dahulu hingga waktu yang sudah ditentukan
4. Untuk penugasan yang dilakukan di luar ruang dapat dikoordinasikan dengan dosen pengampu atau benar-benar mencari lokasi yang aman untuk melaksanakan tugas foto luar ruang.

Himbauan tesebut hendaknya dapat disikapi dengan baik oleh mahasiswa untuk menanggulangi penyebaran COVID-19 dan bukan untuk berlibur atau mengunjungi tempat wisata, maupun kembali ke kampung halaman. (Red)

Ketua Jurusan Fotografi Dr. Irwandi, M.Sn. menganjurkan seluruh mahasiswa untuk hidup sehat dan melakukan kuliah online atau kuliah mandiri, Senin (16/3)