PRODI D-3 ANIMASI MELAKSANAKAN PENANDATANGANAN MoU KERJA SAMA DENGAN MITRA INDUSTRI

Program Studi (Prodi) D-3 Animasi dengan beberapa mitra industri animasi, antara lain PT Wangsa Ultima Kreasi dan PT Dipadira Mediatama Indonesia dalam upaya merealisasikan kerja sama dalam pelaksanaan pendidikan vokasi berbasis Problem Based Learning. Selain mitra tersebut, Prodi D-3 Animasi juga bekerja sama dengan beberapa mitra lain yang memiliki kepentingan produk turunan animasi misalnya game, yaitu Educa Studio, Gambir Studio, dan Creacle. Program kerja sama juga dijalin dengan beberapa instansi selaku stakeholder produk inovasi animasi, di antaranya adalah Balai Akeologi Provinsi DIY dan Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Yogyakarta.

Acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)  dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2020 di Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta ini merupakan salah satu rangkaian acara terpenting dalam Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (P3TV) yang diselenggarakan atas dukungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud kepada Prodi D-3 Animasi Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta sebagai salah satu penerima hibah untuk tahun pelaksanaan 2020.

Penandatanganan MoU dihadiri oleh Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum, Dekan FSMR ISI Yogyakarta, Dr. Irwandi, M.Sn., Ketua Prodi D-3 Animasi, Dr. Samuel Gandang Gunanto, S.Kom., M.T. serta direktur mitra industri animasi, H. Rangga Yudo Yuwono dari PT Wangsa Ultima Kreasi dan Dieky Suprayogi dari PT Dipadira Mediatama Indonesia.

Kerja sama antara Prodi D-3 Animasi FSMR ISI Yogyakarta dengan mitra industri telah dirintis sejak tahun 2019. Hasil kerja sama tersebut sangat penting sebagai acuan bagi penyelenggaraan pendidikan vokasi yang disesuaikan dengan standar dan kebutuhan industri secara nyata dalam bentuk kegiatan perkuliahan dengan metode Problem Based Learning di mana permasalahan industri terkini akan menjadi materi yang diajarkan kepada mahasiswa. Dengan adanya penandatanganan MoU sebagai wujud realisasi dari kesepakatan kerja sama yang dirintis tersebut, industri akan berperan langsung di dalam pembentukan calon SDM dunia animasi di masa depan melalui jalur pendidikan formal.

Pelaksanaan kegiatan-kegiatan Prodi D-3 Animasi FSMR ISI Yogyakarta dalam P3TV ini antara lain juga merancang pengembangan kurikulum yang berbasis pada kebutuhan industri. Hal ini terkait  dengan kerja sama antar-industri animasi yang mencakup teaching factory, program magang, dan penyerapan lulusan. Dengan demikian, kelak lulusan Prodi D-3 Animasi FSMR ISI Yogyakarta dapat terserap dengan baik oleh industri animasi. Realisasi tekait hal tersebut sesuai dengan tujuan utama pendidikan vokasi yaitu melahirkan SDM unggul untuk mendukung industri animasi.

Untuk memenuhi kebutuhan stakeholder, Prodi D-3 Animasi FSMR ISI Yogyakarta juga menyusun blueprint untuk pengembangan studio dan peralatan untuk 5 tahun ke depan yang akan dapat memfasilitasi program-program terkait perwujudan produk riset terapan.

SAMBUTAN KAPRODI ANIMASI
Ketua Prodi D-3 Animasi, FSMR, ISI Yogyakarta, Dr. Samuel Gandang Gunanto S.Kom., M.T. (kanan) menyampaikan sambutan pada acara penandatanganan MoU dan PKS Prodi D-3 Animasi dengan mitra industri di Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta, Kamis (17/12/2020). MoU dan PKS tersebut dilakukan dengan beberapa mitra industri animasi, antara lain PT Wangsa Ultima Kreasi dan PT Dipadira Mediatama Indonesia.
SAMBUTAN DEKAN
Dekan Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Dr. Irwandi, M.Sn., menyampaikan sambutan pada acara penandatanganan MoU dan PKS Prodi D-3 Animasi dengan mitra industri, antara lain PT Wangsa Ultima Kreasi dan PT Dipadira Mediatama Indonesia  di Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta, Kamis (17/12/2020).
SAMBUTAN REKTOR
Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum., menyampaikan sambutan pada acara penandatanganan MoU dan PKS Prodi D-3 Animasi dengan mitra industri di Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta, Kamis (17/12/2020). MoU dan PKS tersebut dilakukan dengan beberapa mitra industri animasi, antara lain PT Wangsa Ultima Kreasi dan PT Dipadira Mediatama Indonesia.
FOTO BERSAMA
Rektor Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum., berfoto bersama dengan para pejabat di lingkungan FSMR, ISI Yogyakarta, serta para dosen Prodi D-3 Animasi usai penandatanganan MoU dan PKS yang dijalin oleh Prodi D-3 Animasi dengan mitra industri, antara lain PT Wangsa Ultima Kreasi dan PT Dipadira Mediatama Indonesia di Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta, Kamis (17/12/2020).
Bagikan