PPAK 2015

PPAK 2015

PELAKSANAAN KEGIATAN PPAK ISI YOGYAKARTA

Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (PPAK) berlangsung di tingkat institut, fakultas dan jurusan. Khusus kegiatan PPAK ditingkat FSMR ISI Yogyakarya, berlangsung secara terintegrasi dengan kegiatan Pengenalan Sistem Akademik (KPSA) yang merupakan bagian dari kegiatan akademik

  1. DASAR HUKUM KEGIATAN
    1. Keputusan Menteri P dan K Tahun 1979 No. 0125/U/1979 tentang Penertiban Acara/Upacara Penerimaan Siswa dan Mahasiswa Baru dalam Rangka Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan Dasar, Menengah, dan Tinggi;
    2. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 38/DIKTI/Kep/2000 tentang Pengaturan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi;
    3. Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No. 3120/D/T/2001 tentang Penegasan Kembali Pelarangan OSPEK, Dampak Negatif dan Pelanggaran HAM;
    4. Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendiknas No. 1016/E/T/2011 tentang Pembinaan Kegiatan Kemahasiswaan;
    5. Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
    6. Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud No. 1259/E/E3/DT/2013 tentang Pembinaan Kegiatan Kemahasiswaan;
    7. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan No. 25/Dikti/Kep/2014 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru;
    8. Rektor ISI Yogyakarta No. 21/Kep/2014 tentang Penyelenggaraan Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (PPAK) ISIYogyakarta;
    9. Surat Edaran Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan No. 01/DJ-Belmawa/SE/VII/2015 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru.
  2. LANDASAN PELAKSANAAN
    1. Kegiatan-kegiatan tersebut berorientasi pada nilai-nilai luhur bangsa dalam kebhinnekaan, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, serta memperkokoh jati diri sebagai insan seni dan akademisi, mengedepankan sikap intelektual, mengandalkan kecerdasan berpikir, selalu mengembangkan kreativitas, dan dewasa dalam bertindak, serta bersifat anti kekerasan baik fisik, verbal, maupun mental.
    2. Mahasiswa memiliki kesadaran berbangsa, cinta akan tanah air, serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungannya.
    3. Mahasiswa mengerti struktur organisasi di dalam perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan berbagai kegiatan kemahasiswaan di dalamnya.
    4. Mahasiswa mendapatkan pendidikan karakter dimulai dari Etika, Moral, Kejujuran, Kepedulian, Tanggung jawab, dan Kedisiplinan.
    5. Mahasiswa proaktif untuk beradaptasi, menjaring networking, dan mampu menjalin keakraban serta persahabatan antar mahasiswa.
  3. TEMA PPAK FSMR ISI YOGYAKARTA 2015
    Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan Sebagai Upaya Membangun Persaudaraan untuk Mewujudkan Atmosfir Akademik yang Dinamis dan Kehidupan Kemahasiswaan yang Sehat Bagi Mahasiswa Baru Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta Tahun 2015
  4. SUB TEMA PPAK FSMR ISI YOGYAKARTA 2015
    Tema Olah Raga “Sehat Besama FSMR” dipilih karena memahami pentingnya olahraga dalam kehidupan sehari-hari. Para mahasiswa baru atau disebut Peserta PPAK akan di bagi dalam 18 kelompok dengan nama cabang-cabang olah raga yang beranggotakan masing-masing 11-12 Peserta. Dalam sesi tertentu, kelompok akan melakukan suatu acara dengan mengenakan atribut cabang olahraga tersebut. Kreatifitas penampilan dalam cabang olahraga tsb akan dijadikan sarana penguatan sub tema yang diangkat. Sesi acara ini diharapkan menjadi motivasi bagi peserta agar dapat melatih kekompakan tim dan menanamkan semangat sportifitas.
  5. Logo PPAK FSMR 2015
    Logo_PPAK 2015a
  6. DAFTAR KELOMPOK PESERTA DENGAN NAMA CABANG OLAH RAGA
    Nama kelompok:

    1. Tenis meja : merah
    2. Balap sepeda : kuning
    3. Karate : coklat tua
    4. Baseball : biru tua
    5. Pencak silat : coklat muda
    6. Berkuda : hijau armi
    7. Sepak bola : hijau stabillo (neon)
    8. Basket : pink
    9. Snorkling : orange
    10. Climbing : ungu
    11. Tinju : cyan (sian)
    12. Panahan : merah marun
    13. Anggar : ungu muda
    14. Golf : biru muda
    15. Mancing : abu-abu tua
    16. Jimnastik : magenta (fuchsia)
    17. Catur : abu-abu muda
    18. Volli : hijau muda
  7. TUGAS KELOMPOK SESUAI TEMA
    1. Ketua kelompok memakai kostum tambahan/atribut/maskot kelompok hasil kreasi sendiri berupa cabang olah raga masing-masing hanya pada waktu yang sudah ditentukan.
    2. Setiap kelompok mendalami materi mengenai masing-masing cabang olahraga dan menyiapkan pertunjukan dari materi yang telah dibuat dengan memakai alat peraga pertunjukan yang semenarik mungkin.
    3. Kelompok membuat 1 buah tongkat (pramuka) dengan bendera (30cm x 40 cm) sebagai simbol masing-masing kelompok, membuat Banner (kelompok) setinggi manusia bahan bebas. warna disesuaikan dengan warna baju kelompok. Ukuran dan bentuk bendera bebas. Dengan logo sesuai dengan masing-masing cabang olahraga.
    4. Membuat yel-yel masing-masing kelompok dengan durasi minimal 1 menit.
    5. Setiap kelompok membawa 1 trash (sampah clear).
    6. Setiap kelompok membawa 1 kamera poket
  8. Tugas Individu
    Memakai celana trening berwarna hitam polos dan bertali pinggang. Panjang celana sampai mata kaki.

    1. Memakai kaos berkerah polos panjang. Masing-masing kelompok berwarna sesuai cabang olahraga.
    2. Membawa makanan 4 sehat 5 sempurna:
      • Nasi
      • Sayuran (kacang panjang/sawi) hindari sayuran kangkung dan bayam
      • Ayam goreng
      • Tahu goreng
      • Buah yang mengandung nutrisi 1 kelompok 1 jenis buah. hindari buah apel
      • Susu kemasan (sesuai selera)
      • Isotonik (minuman keringat)
      • Mineral club 600ml
        (dikemas dengan baik, anti guncang, tidak mudah basi, tidak mudah tumpah dan tidak mudah rusak).
    3. Camilan penunda lapar (tidak mengandung msg)
    4. Membuat name tag (bahan kain seperti atlit lari, tulis permanen) di pakai di bagian depan dan harus kelihatan.
      Format name tag:

      • Nama lengkap
      • Jurusan
      • Tempat, tanggal lahir
      • Asal
      • Cita-cita
      • Nama kelompok
      • Riwayat penyakit
      • Foto 4×3 (foto selfie di tempat masing-masing cabang olahraga)
      • Bentuk name tag kotak 20x20cm
      • Warna kontras/ bertabrakan dengan warna kaos
      • 1 kelompok 1 warna
    5. Alat tulis
    6. Tas ransel berwarna hitam
    7. Modul PPAKModul ini di buat secara bebas, bentuk dan desain modul di seragamkan berdasarkan kelompok masing-masing. Namun tetap menyesuaikan format tulisan yang telah di berikan panitia. Berbentuk booklet / A5. Sampul warna seragam dengan warna baju tim cabang olahraga.
    8. Masker
    9. Jas hujan
    10. Sepatu olahraga berwarna hitam polos dan bertali
    11. Kacamata renang
    12. Membawa topi / bucket had berwarna putih dan di beri logo masing-masing cabang olahraga.
    13. Kaos kaki hitam
  9. Penampilan dan Pakaian Peserta Putra (untuk dipakai pada hari ke dua)
    1. Rambut disisir rapi dan bersih
    2. Kuku, kumis, dan jenggot dipotong rapi dan bersih
    3. Memakai Kaos (warna disesuaikan dengan kelompok ) berkerah, polos, boleh berlengan panjang, tidak ketat, dan tidak transparan
    4. Memakai celana trening berwarna hitam polos dan bertali pinggang. Panjang celana sampai mata kaki.
    5. Memakai Kaos kaki hitam.
    6. Sepatu olahraga berwarna hitam, bertali, dan nyaman dipakai.
    7. Memakai name tag yang sudah dibuat sendiri
    8. Membawa topi / bucket had berwarna putih dan di beri logo masing-masing cabang
  10.  Penampilan dan Pakaian Peserta Putri (untuk dipakai pada hari ke dua)
    1. Mahasiswi putri tidak berjilbab, rambut bersih, disisir, dan diikat rapi
    2. Mahasiswi yang berjilbab, memakai jilbab dengan warna putih, polos, tidak transparan, dan tidak bermotif.
    3. Kuku dipotong rapi dan bersih
    4. Memakai Kaos (warna disesuaikan dengan kelompok) berkerah, boleh berlengan panjang atau pendek, tidak ketat, dan tidak transparan
    5. Memakai Celana panjang bebahan kain (bukan jeans) dengan warna gelap
    6. Memakai Kaos kaki
    7. Memakai Sepatu berwarna hitam (sepatu olahraga, nyaman, bertali, warna hitam)
    8. Memakai Ikat pinggang dengan warna hitam
    9. Memakai name tag yang sudah dibuat sendiri
  11. Perlengkapan Wajib yang Dibawa Peserta Setiap Hari:
    1. Tas model ransel/backpack (yg dapat digunakan untuk kebutuhan perkuliahan selanjutnya).
    2. Obat dan alat pribadi lain.
    3. Alat ibadah
    4. Alat tulis (Buku tulis dan alat tulis lain secukupnya)
    5. Modul PPAK. Modul ini dibuat secara bebas dengan ukuran A5. Disampul rapi dan bersih. Bentuk dan desain modul di seragamkan berdasarkan kelompok masing-masing. Diberi identitas : Nama, NIM, prodi, kelompok, di sudut kanan atas.
    6. Masker medis sekali pakai berserta cadangan.
    7. Air minum secukupnya (disarankan tertutup seperti air mineral).
    8. Tas plastic/tas kresek/trash bag (sebagai persiapan tempat sampah, tidak boleh dibuang sembarangan).
  12. TATA TERTIB DAN PEDOMAN PELAKSANAAN PPAK
    1. Panitia PPAK yaitu terdiri dari unsur Staf Pengajar/Dosen, Karyawan, dan Mahasiswa (panitia unsur mahasiswa berasal dari Angkatan 2011, 2012, dan 2013).
    2. Peserta PPAK yaitu Mahasiswa Baru Angkatan 2015 dan Mahasiswa lama yang belum pernah mengikuti kegiatan PPAK.
    3. Pelaksanaan PPAK bersifat wajib bagi Mahasiswa Baru ISI Yogakarta dan mahasiswa angkatan sebelumnya yang tidak lulus atau belum mengikuti PPAK.
    4. Perserta PPAK yang lulus akan mendapatkan sertifikat kelulusan baik sertifikat di tingkat institut maupun di tingkat fakultas.
    5. Untuk mendapatkan sertifikat kelulusan, setiap peserta mahasiswa wajib mengikuti seluruh kegiatan PPAK. Izin atau toleransi yang diberikan maksimal 25% dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan
    6. Sertifikat kelulusan PPAK merupakan persyaratan untuk mengikuti kegiatan kemahasiswaan, kegiatan ekstra/kokurikuler, menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan, dan pengajuan beasiswa.
    7. Kegiatan PPAK bagi Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Tahun 2015 dilaksanakan di lingkungan ISI Yogyakarta antara pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.
    8. Untuk menjamin penyelenggaraan PPAK bagi Mahasiswa Baru yang bersifat mendidik dan tidak melanggar ketentuan yang berlaku, maka lembaga mengundang tim monitoring dari berbagai unsur.
    9. Ketertiban, kelengkapan pengerjaan tugas, sopan-santun, dan tata karma merupakan bagian dari penilaian kelulusan PPAK FSMR 2015.
    10. Atribut dan penugasan resmi PPAK di Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), hanya melalui laman resmi PPAK FSMR 2015: https://fsmr.isi.ac.id/
    11. Penugasan dalam daftar ini resmi dikeluarkan pihak panitia PPAK FSMR 2015. Atribut dan penugasan di luar daftar ini diluar daftar ini diabaikan.
    12. Setiap mahasiswa wajib mencatat, menyiapkan bukti, dan memberikan laporan terkait segala bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh pihak manapun yang terindikasi tidak sesuai dengan semangat PPAK FSMR.
    13. Bagi yang memiliki masalah kesehatan baik yang disertai Surat Dokter atau tidak berdasarkan level yang diderita) WAJIB LAPOR Pos Kesehatan, tanda khusus berupa PITA HITAM di lengan kanan wajib digunakan selama acara berlangsung (mulai dari awal kegiatan sampai upacara penutupan).
    14. Bagi yang menjalani diet khusus atau terapi khusus, dipersilakan untuk melapor dan mempersiapkan keperluannya secara mandiri.
    15. Setiap peserta wajib menjaga kehormatan diri sendiri, orang tua, dan institusi.
    16. Saran dan aduan dapat dilakukan langsung ke Sekretariat PPAK FSMR 2015.
  13. TATA TERTIB BAGI PESERTA
    1. Wajib datang tepat waktu pada kegiatan PPAK (baik tingkat fakultas maupun Institut).
    2. Wajib datang setelah sebelumnya sarapan di rumah atau kost masing-masing.
    3. Wajib mengikuti rangkaian acara PPAK dari awal hingga akhir.
    4. Dilarang membawa/memakai perhiasan serta membawa peralatan kosmetik secara berlebihan.
    5. Semua alat komunikasi dan elektronik dititipkan kepada pendamping kelompok dan disimpan di Sekretariat Fakultas.
    6. Wajib membawa peralatan dan berpenampilan sesuai dengan ketentuan.
    7. Wajib mengenakan identitas selama kegiatan PPAK berlangsung.
    8. Dilarang membawa miras, senjata api, senjata tajam, narkoba, dan bahan peledak atau segala sesuatu yang bersifat merugikan diri sendiri dan orang lain.
    9. Dilarang meninggalkan kegiatan tanpa seijin atau tanpa sepengetahuan pendamping kelompok.
    10. Wajib mengikuti tata tertib yang telah di buat oleh Panitia PPAK
    11. Wajib menghormati Panitia PPAK selama pelaksanaan PPAK.
    12. Berhak mendapatkan perlindungan dan pembimbingan dari Panitia PPAK dan lembaga.
  14. TATA TERTIB BAGI PANITA PPAK
    1. Wajib mengenakan kaos panitia dari fakultas (secara menyeluruh mengenakan busana yang pantas, bersepatu, bersih, dan rapi)
    2. Jilbab, jaket, atau baju luar boleh dikenakan sepanjang tidak menutupi atribut kepanitian
    3. Mengenakan identitas kepanitiaan PPAK.
    4. Dilarang membawa miras, senjata api, senjata tajam, narkoba, bahan peledak atau segala sesuatu yang bersifat profokatif dan intimidatif, membahayakan, serta merugikan pihak lain.
    5. Dilarang melakukan kontak fisik, pelecehan, dan perbuatan SARA pada peserta maupun sesama panitia.
    6. Dilarang menorehkan/memberikan/melakukan sesuatu ke tubuh peserta dengan alasan apapun.
    7. Wajib hadir dan memenuhi tugasnya selama kegiatan berlangsung.
    8. Hadir minimal 20 menit sebelum acara dimulai.
    9. Dilarang memberikan perintah yang menimbulkan dampak negatif serta perintah yang bertolak belakang dengan Agama dan Keyakinan baik kepada Peserta maupun sesame Panitia.
    10. Dilarang menggunakan kata-kata yang kotor dan tindakan yang tidak pantas selama menjalankan tugas sebagai Panitia.
    11. Dilarang merokok selama bertugas atau berada pada area tugas.
    12. Dilarang melakukan pemotongan rambut kepada Peserta.
    13. Dilarang memberikan atau menyuapkan makanan dan minuman kepada Peserta kecuali dengan alasan medis (apabila harus dilakukan tindakan sebaiknya dilakukan oleh petugas medis).
    14. Wajib mentaati tata tertib dan aturan yang berlaku selama kegiatan PPAK berlangsung.
  15. SANKSI ATAS PELANGGARAN TATA TERTIB dan PELAKSANAAN PPAK
    1. Peserta atau Panitia tidak diperkenankan memasuki area PPAK.
    2. Pelanggaran ringan akan diberikan teguran langsung.
    3. Pelanggaran sedang sampai berat akan dihentikan langsung dan akan diberikan sanksi tegas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    4. Pelanggaran yang dilakukan Peserta, Panita, atau Mahasiswa lain diluar kepanitiaan, dapat berupa teguran langsung atau sampai tahap teguran tertulis, dengan konsekuensi sangsi akademik dan non akademik, hingga sangsi khusus berupa pengaduan/pelaporan ke pihak yang berwajib

Rangkaian Acara
Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (PPAK)

Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta
Hari Pertama. Selasa, 1 Sepetember 2015

No. Waktu Acara Penanggung Jawab Keterangan
1 14:30 – 14.45 Pemindahan dari Institut ke fakultas (perkelompok ya) MC, mentor & tatib GSG ke stage beton
2 14.45 – 15.00 Persiapan pembukaan dan yel yel fakultas Mentor Stage beton
3 15.00 – 15.30 Sholat Ashar Mentor Masjid Kampus
4 15.30 – 16.00 Pembukaan PPAK tingkat fakultas dan pengenalan jajaran strukturalnya Panitia & MC Stage beton
5 16.00 – 16.30 pengenalan BEM, HMJ, dan KKM serta program kegiatannya Panitia & MC Stage beton
6 16.30 – 17.00 Pengumuman-pengumuman MC & Mentor Stage beton

Hari Kedua. Rabu, 2 Sepetember 2015

No. Waktu Keterangan Penanggung Jawab Ket
1 07.00 – 07.30 Cek perlengkapan + Senam bersamaDara’ MC & Mentor Stage beton
2 07.30 – 08.00 Sarapan 4 sehat 5 sempurna MC & mentor Stage beton
3 08.00 – 09.30 Pertunjukan kreativitas oleh Peserta PPAK sesi 1 (±12 kelompok) ( spontanitas ) MC Kipli – Dara Stage beton
4 09.30 – 10.30 Ceramah Motivasi Panitia & MC R. AUVI
5 10.30 – 12.00 Ceramah Bidang Fotografi Jurusan FT dan HMJ FT Galeri FSMR
Ceramah Bidang Televisi dan Animasi Jurusan TV dan HMJ TV R. AUVI
6 12.00 – 13.00 ISOMA Sie. Rohani + Panitia Stage beton
Masjid
7 13.00 – 15.00 Pos Pendalaman Materi Fotografi, Televisi, dan Animasi Mentor + Panitia Lingkungan FSMR
8 15.00 – 15.30 Sholat Ashar Sie. Rohani + Panitia Masjid Kampus
9 15.30 – 16.00 Pertunjukan kreativitas oleh Peserta PPAK sesi 2 (±6 kelompok) ( spontanitas ) MC Kipli – Dara Stage beton
10 16.00 – 17.00 Color run, musik dan pembubaran PPAK. Panitia & MC Stage beton

Catatan:

  1. GSG = Gedung Serba Guna
  2. Stage Beton = Area di selatan Gedung FSMR (outdoor)
  • Pembagian daftar kelompok PPAK FSMR unduh di [download id=”1644″]
  • Unduh lagu Hymne ISI Yogyakarta klik [download id=”1647″]
  • Link Notasi Hymne ISI Yogyakarta klik disini http://isi.ac.id/profil/himne-isi-yogyakarta/
  • Secara lengkap Panduan Pelaksanaan PPAK FSMR dapat diunduh [download id=”1650″]
Cari
Kategori