PERKUAT KERJA SAMA JANGKA PANJANG BERKELANJUTAN, PRODI ANIMASI, FSMR, ISI YOGYAKARTA, SUSUN DRAF MOU DENGAN BALAR DIY

Keunggulan animasi sebagai salah satu media aplikatif yang informatif dan komprehensif terus dikembangkan oleh Program Studi (Prodi) Animasi, Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Tahun ini, Prodi Animasi mendapatkan hibah Program Penguatan Perguruan Tinggi Vokasi (P3TV). Kegiatan yang dilakukan dalam kaitan hibah tersebut difokuskan pada penguatan kerja sama dengan Dunia Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) guna mendorong terwujudnya link and match yang lebih erat dan berkelanjutan antara pendidikan vokasi dan IDUKA. Kerja sama yang dilakukan dengan IDUKA meliputi pengembangan kurikulum, teaching factory, program magang, dan penyerapan lulusan.

Salah satu upaya pelaksanaan program tersebut adalah dengan memperkuat kerja sama pemanfaatan animasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dengan Balai Arkeologi Provinsi DIY (Balar DIY). Seperti diketahui sebelumnya, Prodi Animasi telah melakukan kerja sama dengan Balar DIY dalam pembuatan alat peraga pendidikan dalam bentuk animasi tentang Situs Liyangan. Sebagai bentuk penguatan kerja sama jangka panjang dan berkelanjutan, Prodi Animasi pun menggelar Forum Group Discussion (FGD) bertajuk Penguatan Project Mata Kuliah Proyek Terpadu Mahasiswa di Homs Hotel, Yogyakarta, Selasa (8/12/2020).

Berbagai hal yang berhubungan dengan kemungkinan-kemungkinan pengembangan program Rumah Peradaban, sebuah strategi pemasyarakatan hasil penelitian arkeologi dengan fokus dunia pendidikan yang diluncurkan tahun 2015 di Semarang oleh Balar DIY didiskusikan pada FGD tersebut. Kepala Balar DIY, Sugeng Riyanto, menyambut baik penjajakan kerja sama ini dan mengharapkan agar produk animasi yang dihasilkan menjadi media yang efektif untuk menyosialisasikan berbagai kegiatan sesuai dengan program kerja Balar DIY yang difokuskan pada pembuatan peraga pendidikan, pembinaan tenaga pendidikan, dan pengembangan destinasi pendidikan. Selain itu, ia juga berharap agar kegiatan ekskavasi, pekerjaan arkeolog, dan hasil pekerjaan arkeolog itu sendiri dapat didokumentasikan, diinformasikan, disosialisasikan, dan bahkan dipamerkan. “Kerja sama ini bisa menghasilkan beragam produk, misalnya berupa game sebagai media edukasi yang bermanfaat untuk media promosi dan pembelajaran tentang arkeologi” tegasnya.

Lebih jauh, Ketua Prodi Animasi, FSMR, ISI Yogyakarta, Dr. Samuel Gandang Gunanto, S.Kom., MT. menyampaikan bahwa pembahasan dan penjajakan kerja sama yang bermanfaat antara Balar DIY dan Prodi Animasi dapat berwujud program magang maupun akses penelitian (penciptaan maupun pengkajian) jangka panjang dengan skema 5 tahun agar dapat terus dilanjutkan meskipun berganti pemimpin. Bahkan diskusi juga dilakukan hingga membahas pembiayaan penelitian, seperti diungkapkan oleh Dr. Samuel Gandang Gunanto, S.Kom., M.T., bahwa “untuk memetakan program kerja sama penelitian, diperlukan pula pembahasan skema pendanaan agar dua institusi sama-sama dapat terlibat dan mendapat manfaat bersama”.

Pada puncak diskusi, dirumuskan pula Kesepakatan Kerja sama 5 tahun (2020 – 2025) dan pembuatan draf Perjanjian Kerja Sama (PKS) berbasis pada kegiatan yang konkret dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Hal tersebut menjadi langkah efektif dan progresif agar kerja sama segera dapat dijalankan dan menghasilkan produk pengetahuan yang bermanfaat. Beberapa rencana yang disusun antara lain, pembuatan Board Game dan film animasi mengenai SItus Liyangan dan Virtual Reality (VR) tentang Situs Mulyosari di Banyuwangi, serta pengembangan SDM dengan bertindak sebagai penyuluh seni untuk pegawai Balar DIY. Dalam FGD itu, Kepala Balar DIY, Sugeng Riyanto didampingi oleh Putri Taniardi sebagai staf Peneliti Ahli Muda.

CINDERAMATA
Kepala Balai Arkeologi Provinsi DIY (Balar DIY) Sugeng Riyanto memberikan cinderamata kepada Ketua Prodi Animasi, FSMR, ISI Yogyakarta, Dr. Samuel Gandang Gunanto, S.Kom., MT., usai FGD dalam rangka penjajakan kerja sama dengan Prodi Animasi, FSMR, ISI Yogyakarta di Homs Hotel, Yogyakarta, Selasa (8/12/2020). Kerja sama ini menjadi bagian dari penguatan Prodi Animasi dengan Dunia Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).
FOTO BERSAMA
Para dosen Prodi Animasi, FSMR, ISI Yogyakarta didampingi oleh Pembantu Dekan I FSMR, Dr. Edial Rusli, S.E., M.Sn., dan Pembantu Dekan II, Retno Mustikawati, S.Sn., MFA., Ph.D., berfoto bersama dengan Kepala Balar DIY Sugeng Riyanto dan Peneliti Ahli Muda Balar DIY, Putri Taniardi sebelum dimulainya FGD dalam rangka penjajakan kerja sama dengan Prodi Animasi, FSMR, ISI Yogyakarta di Homs Hotel, Yogyakarta, Selasa (8/12/2020). Kerja sama ini menjadi bagian dari penguatan Prodi Animasi dengan Dunia Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).
Bagikan