PENYEMPROTAN DISINFEKTAN DI LINGKUNGAN FSMR UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS COVID-19

Sebagai upaya mitigasi penyebaran virus Covid-19, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan di masing-masing fakultas dan unit kerja lainnya di lingkungan ISI Yogyakarta.  Khusus di lingkungan Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), kegiatan disinfeksi dilakukan pada hari Senin (23/03/2020) dan Selasa (24/03/2020).

Bahan dan peralatan untuk penyemprotan disinfektan yang disediakan ISI Yogyakarta berupa campuran cairan bayclin dengan takaran 1 tutup botol dan air 1 liter. Formula tersebut kemudian disemprotkan di berbagaI sudut gedung dan ruangan secara perlahan agar tidak mengembun. Setiap 30 menit berikutnya, bagian yang disemprot akan dilapsampai kering untuk menghilangkan bekas noda.  Tata cara dan aturan pencampuran bahan tersebut didapatkan dari Puskesmas Sewon. 

Proses disinfeksi di Gedung Dekanat, Gedung Fotografi, dan Gedung Film dan Televisi dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu di awal jam kerja dan saat istirahat siang. Penyemprotan juga lebih khusus dilakukan pada  bagian-bagian yang sering diakses oleh orang banyak, misalnya pegangan pintu, meja dan kursi, serta area di sekitar pos satpam.  Diharapkan dengan adanya kegiatan penyemprotan cairan disinfektan ini, kebersihan dapat terjaga dan bisa membantu mencegah penyebaran virus yang lebih luas.(aa)

PERSIAPAN BAHAN DISINFEKTAN. Pegawai di Lingkungan Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, mempersiapakan bahan untuk membuat disinfektan di Gedung Dekanat, FSMR, ISI Yogyakarta. Sebagai upaya mitigasi pencegahan penyebaran Covid-19, ISI Yogyakarta melakukan penyemprotan dengan menggunakan cairan disinfektan yang  dilakukan di masing-masing fakuktas, dan unit kerja lainnya.

MERACIK DISINFEKTAN. Pegawai meracik bahan untuk membuat cairan disinfektan di Gedung Dekanat, FSMR, ISI Yogyakarta. Bahan yang digunakan untuk mebuat disinfektan adalah bayclin dan air yang dicampur dengan takaran tertentu sesuai berdasar informasi yang diperoleh dari Puskesmas Sewon.