Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fotografi, Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta melakukan kegiatan pengarsipan dan revitalisasi karya foto koleksi di Gedung Program Studi (Prodi) Fotografi, pada Rabu (29/1/2020). Pengarsipan karya-karya foto tersebut dimaksudkaan untuk memperbaharui data serta memaksimalkan kapasitas ruang penyimpanan agar karya koleksi yang disimpan dapat terjaga kualitasnya. Sedangkan kebijakan melibatkan mahasiswa dalam kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan wawasan serta keterampilan mereka terkait manajemen pengelolaan data  karya koleksi. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan bagaimana tindakaan yang harus dilakukan saat berinteraksi dengan karya seni.

Kegiatan yang dibimbing oleh Dr. Irwandi, M.Sn., itu dimulai dengan mendata ulang karya koleksi. Selanjutnya, karya yang telah didata akan dipilah berdasarkan kondisi fisiknya. Karya yang tergolong masih baik akan ditata ulang di ruang penyimpanan, sedangkan karya yang mengalami kerusakan akan diperbaiki dan disimpan dengan perlakuan khusus. Mengingat karya koleksi yang merupakan foto-foto para dosen, mahasiswa, maupun kolega tersebut menjadi bagian dari perjalanan perkembangan Prodi Fotografi itu sendiri, maka tindakan yang dilakukan akan didasarkan pada prinsip-prinsip standar pengelolaan koleksi.

Terdapat kurang lebih 150 karya koleksi yang disimpan, dan diantaranya merupakan karya foto mahasiswa angkatan awal Prodi Fotografi. Selain itu, karya foto para kolega dari dalam dan luar negeri juga menjadi bagian dari koleksi. Oleh karenanya, aktivitas pengelolaan data dan revitalisasi ini menjadi penting sebagai proses pembelajaran langsung bagi para mahasiswa tentang proses perkembangan karya fotografi baik dari segi penyajian, cetak, konsep karya dan gagasan fotografi popular pada zamanya. (HMJ FOTOGRAFI; Red)

Ketua Jurusan Fotografi, Dr. Irwandi, M.Sn, berkoordinasi dengan para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengarsipan dan revitalisasi karya foto koleksi di Gedung Program Studi (Prodi) Fotografi, pada Rabu (29/1/2020). Pengarsipan karya-karya foto tersebut dimaksudkaan untuk memperbaharui data, memperbaiki karya, serta memaksimalkan kapasitas ruang penyimpanan agar karya koleksi yang disimpan dapat terjaga kualitasnya. (Red)

KOORDINASI PENDATAAN DAN REVITALISASI

Ketua Jurusan Fotografi, Dr. Irwandi, M.Sn, berkoordinasi dengan para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengarsipan dan revitalisasi karya foto koleksi di Gedung Program Studi (Prodi) Fotografi, pada Rabu (29/1/2020). Pengarsipan karya-karya foto tersebut dimaksudkaan untuk memperbaharui data, memperbaiki karya, serta  memaksimalkan kapasitas ruang penyimpanan agar karya koleksi yang disimpan dapat terjaga kualitasnya. (Red)

Para mahasiswa melakukan persiapan pengarsipan dan revitalisasi karya foto koleksi di Gedung Program Studi (Prodi) Fotografi, pada Rabu (29/1/2020). Pengarsipan karya-karya foto tersebut dimaksudkaan untuk memperbaharui data, memperbaiki karya, serta memaksimalkan kapasitas ruang penyimpanan agar karya koleksi yang disimpan dapat terjaga kualitasnya. (Red)

PERSIAPAN REVITALISASI

Para mahasiswa melakukan persiapan pengarsipan dan revitalisasi karya foto koleksi di Gedung Program Studi (Prodi) Fotografi, pada Rabu (29/1/2020). Pengarsipan karya-karya foto tersebut dimaksudkaan untuk memperbaharui data, memperbaiki karya, serta  memaksimalkan kapasitas ruang penyimpanan agar karya koleksi yang disimpan dapat terjaga kualitasnya. (Red)

Para mahasiswa melakukan pengarsipan dan revitalisasi karya foto koleksi di Gedung Program Studi (Prodi) Fotografi, pada Rabu (29/1/2020). Pengarsipan karya-karya foto tersebut dimaksudkaan untuk memperbaharui data, memperbaiki karya, serta memaksimalkan kapasitas ruang penyimpanan agar karya koleksi yang disimpan dapat terjaga kualitasnya. (Red)

REVITALISASI KARYA FOTO KOLEKSI

Para mahasiswa melakukan pengarsipan dan revitalisasi karya foto koleksi di Gedung Program Studi (Prodi) Fotografi, pada Rabu (29/1/2020). Pengarsipan karya-karya foto tersebut dimaksudkaan untuk memperbaharui data, memperbaiki karya, serta  memaksimalkan kapasitas ruang penyimpanan agar karya koleksi yang disimpan dapat terjaga kualitasnya. (Red)