PEMUTARAN FILM DOKUMENTER BERJUDUL “JALAN MENUJU SPECIALTY COFFEE KOPI ARABIKA KALIANGKRIK”: HASIL KERJASAMA PENELITIAN DOSEN PRODI FILM DAN TELEVISI, ISI YOGYAKARTA DAN ISI SURAKARTA

Pada tanggal 18 Juli 2020 telah dilaksanakan pemutaran karya berupa film dokumenter berjudul “Jalan Menuju Specialty Coffee Kopi Arabika Kaliangkrik” di desa Ngawonggo, Kaliangkrik, Magelang. Karya film dokumenter ini bersumber dari hasil penelitian bersama antara dosen Program Studi (Prodi) Film & Televisi, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan Institut Seni Indonesia Surakarta. Penelitian tersebut berjudul “Perancangan Web Series Film Dokumenter sebagai Media Revitalisasi Kopi Jawa di Desa Ngawonggo, Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang, Jawa Tengah”.

Bertindak sebagai tim peneliti yaitu, Latief Rakhman Hakim, M.Sn (ISI Yogyakarta), Pius Rino Pungkiawan, M.Sn (ISI Yogyakarta), Widhi Nugroho, M.Sn (ISI Surakarta), dan I Putu Suhada, M.Eng (ISI Surakarta). Proses penelitian yang dilaksanakan selama kurang lebih satu tahun ini mengambil objek kelompok tani Mekar Lestari Dusun Ngawonggo, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Selain melakukan penelitian, tim peneliti juga memproduksi sebuah film dokumenter tentang objek penelitiannya, dengan durasi 18 menit. Film ini membahas tentang perjuangan petani di Desa Ngawonggo yang ingin beralih dari petani tembakau menjadi petani kopi karena komoditas tembakau hasilnya sudah tidak menentu lagi. Proses perubahan ini diikuti dengan perjuangan untuk menjadikan Kopi Arabika Kaliangkrik memiliki standar Specialty Coffee, sehingga akan meningkatkan nilai ekonomi kopi tersebut.

Produksi film dokumenter ini juga melibatkan beberapa dosen lain dan mahasiswa Prodi Film dan Televisi dari ISI Yogyakarta dan ISI Surakarta yaitu, Widhi Nugroho, M.Sn dan Latief Rakhman Hakim, M.Sn (Sutradara),Pius Rino Pungkiawan, M.Sn (Penata Kamera), Arif Sulistyono, M.Sn dan Yuzakki G.F Bagaskara (Penata Suara), Raya Buwana (Penata Musik), Yuzakki G.F Bagaskara, Pius Rino Pungkiawan, M.Sn., dan M. Adam Husein (Editor), Antonius Janu Haryono, M.Sn (Editing Suara), Erviyanto Nugroho (Pilot Drone), Alicia Tri Aprilia Gunawan (Transkrip), Latief Rakhman Hakim, M.Sn.,
Widhi Nugroho, M.Sn., dan Pius Rino Pungkiawan, M.Sn (Riset & Naskah). Tim produksi tersebut menamakan kelompok mereka sebagai rumah produksi Ensiklopedia Kopi Indonesia (Indonesian Coffee Encyclopedia).

Pemutaran film dokumenter berjudul “Jalan Menuju Specialty Coffee Kopi Arabika Kaliangkrik” dihadiri oleh Camat Kaliangkrik dan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Magelang, KOMINFO Magelang, warga desa Ngawonggo, Kelompok tani Mekar Lestari, Komunitas Kopi Magelang, barista, dan pemilik cafe di Magelang dan Jogja, serta dosen dan mahasiswa ISI Yogyakarta dan ISI Surakarta. Pemutaran film dimulai pada pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan dengan diskusi seputar pertanian kopi dan potensi desa, hingga acara berakhir pada pukul 12.00 WIB. Karya film dokumenter “Jalan Menuju Specialty Coffee Kopi Arabika Kaliangkrik” ini juga telah didaftarkan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) untuk melindungi hak cipta. Karya ini merupakan seri pertama, sedangkan untuk seri kedua saat ini sedang dalam proses paska- produksi. Diharapkan dengan luaran penelitian berupa film dokumenter tersebut dapat menginspirasi banyak pihak untuk memajukan potensi daerahnya masing-masing.

Proses pengambilan gambar pengeringan biji kopi untuk film dokumenter “Jalan Menuju Specialty Coffee Kopi Arabika Kaliangkrik” di desa Ngawonggo, Kaliangkrik, Magelang beberapa saat lalu
Proses pengambilan gambar menggunakan drone di desa Ngawonggo, Kaliangkrik, Magelang
Proses pengambilan gambar untuk film dokumenter “Jalan Menuju Specialty Coffee Kopi Arabika Kaliangkrik” di desa Ngawonggo, Kaliangkrik, Magelang
Pengambilan gambar proses pengolahan biji kopi di Desa Ngawonggo
Screening film dokumenter “Jalan Menuju Specialty Coffee Kopi Arabika Kaliangkrik” bersama warga desa Kaliangkrik (18/07/2020)



Tinggalkan Balasan