PELATIHAN E-LEARNING BAGI DOSEN FSMR UNTUK MENGOPTIMALKAN PERKULIAHAN DARING

Tidak terasa tahun ajaran baru 2020/2021 di Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta akan segera dimulai.  Merespons kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara daring sebagai salah satu implementasi protokol Covid-19 dalam bidang akademik, maka FSMR mengadakan pelatihan e-learning bagi seluruh dosen yang bertugas di lingkungan FSMR.

Pelatihan e-learning ini dimaksudkan untuk memaksimalkan kegiatan perkuliahan secara daring sehingga baik dosen maupun mahasiswa kelak akan sama-sama dapat melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar dengan nyaman dan tentu saja tetap aman dari risiko penularan dan penyebaran Covid-19.  Hadirnya laman khusus yang didesain untuk perkuliahan daring ini akan membuat dosen mampu menyampaikan materi ajar dengan saksama dalam bentuk teks dan video. Dengan demikian, diharapkan kelak mahasiswa juga akan lebih terarah dalam proses belajar secara daring di Semester Gasal 2020/2021.

Penerapan protokol Covid-19 yang ketat dilakukan pada saat pelatihan e-learning, walaupun pelatihan tersebut diadakan secara serempak bagi tiga Program Studi (Prodi) di FSMR pada hari Kamis, 27 Agustus 2020.  Sebagai penerapan jaga jarak atau physical distancing maka pelatihan diadakan di dua ruang Lab.Komputer di lantai 3 Gedung Dekanat FSMR. Selain pelatihan di tempat, tiap dosen juga mendapatkan panduan dan modul e-learning dalam bentuk softcopy. Latief Rakhman Hakim, M.Sn., Agnes Karina Pritha Atmani, M.T.I., dan Oscar Samaratungga, S.E., M.Sn. berlaku sebagai pembimbing dalam pelatihan e-learning hari itu. Dalam kesempatan tersebut, Dekan FSMR, Dr. Irwandi, M Sn., berharap bahwa pelatihan e-learning akan semakin meningkatkan kinerja para dosen dalam mengajar secara daring.  Selain itu, para dosen juga diharapkan bisa mengembangkan kreativitas mereka dalam membuat content untuk laman e-learning sekaligus juga ‘menghidupkan’ subdomain akademik yang telah dimiliki oleh masing-masing dosen di lingkungan ISI Yogyakarta.

Suasana pelatihan e-learning yang diadakan di Lab.Komputer, Lantai 3 Gedung Dekanat FSMR pada Kamis (27/8) sebagai bekal para dosen FSMR menjalani kegiatan belajar mengajar di Semester Gasal 2020/2021.
Oscar Samaratungga, M.Sn., sebagai salah satu trainer dalam pelatihan e-learning bagi para dosen FSMR yang diadakan di Gedung Dekanat FSMR (27/8) sedang memberikan petunjuk teknis penggunaan laman e-learning sebagai media mengajar dan belajar secara daring.