PELAKSANAAN UJIAN TUGAS AKHIR SECARA DARING DI PRODI FILM DAN TELEVISI

Pelaksanaan ujian tugas akhir mahasiswa Program Studi (Prodi) Film dan Televisi (FTV) tetap dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2019/2020, meskipun sedang di masa pandemi. Melihat kondisi yang demikian, ujian dilakukan dengan menggunakan sistem daring yang dilaksanakan pada tanggal 17-24 Juli 2020. Semester ini ada 24 mahasiswa yang melaksanakan ujian tugas akhir. Setiap harinya, dilakukan dua sesi ujian bagi dua hingga empat mahasiswa yang diuji. Sesi pertama berlangsung pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, sedangkan sesi kedua berlangsung pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Pada hari pertama dilaksanakan ujian tugas akhir kepada empat mahasiswa secara daring, mereka adalah Farah Khoirunnisa, Prima Setiawan, Audi Istira Rahmahanim, dan Ryanta Ronaldy Dharmawan. Ujian dilakukan dengan menggunakan platform video conference Zoom Cloud Meeting sehingga mahasiswa dapat melakukan ujian dari rumah masing-masing. Untuk menunjang kelancaran ujian tugas akhir secara daring, mahasiswa disarankan untuk menyiapkan ruangan yang bebas gangguan baik secara visual maupun suara dari lingkungan sekitar, serta memastikan koneksi internet yang memadai, dan cadangan sumber listrik apabila terjadi gangguan mati listrik. Walaupun ujian dilaksanakan secara jarak jauh, mahasiswa juga diwajibkan untuk mengenakan pakaian yang formal dan rapi, layaknya ujian skripsi tatap muka.

Penguji dan pembimbing juga menguji dari rumah masing-masing. Namun, Prodi Film & Televisi juga tetap menyiapkan  dua ruangan, yaitu di gedung Prodi Film & Televisi untuk penguji dan pembimbing yang ingin melakukan ujian dari kampus. Untuk mendukung proses ujian daring, Prodi Film & Televisi menyiapkan ruang kelas dan studio dengan fasilitas  dua komputer Imac yang dilengkapi dengan microphone standar perekaman dan speaker sehingga dapat mendukung kelancaran ujian daring tersebut.  Berkat koordinasi dan kerja sama yang solid, maka ujian tugas akhir di Prodi Film & Televisi dapat berjalan dengan sukses dan lancar tanpa kendala yang berarti.

Fasilitas audio visual yang digunakan dalam pelaksaan ujian daring tugas akhir semester genap 2019/2020 di Studio Prodi Film & Televisi yang berlangsung pada tanggal 17-24 Juli 2020
Mahasiswa dan dosen Prodi FTV melakukan ujian tugas akhir secara daring dari rumah masing-masing