ONLINE GENERAL LECTURE ON ‘FINDING PHOTOGRAPHIC PRACTICE IN SOUTHEAST ASIA’: KERJA SAMA ANTARA AMERICAN INSTITUTE FOR INDONESIAN STUDIES (AIFIS) DAN JURUSAN FOTOGRAFI, FSMR ISI YOGYAKARTA

Pada tanggal 23 Juni 2020 mendatang, Jurusan Fotografi, Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta akan mengadakan Webinar via Zoom dengan pembicara Brian Arnold (American Photographer) dan Charles Fox (Assistant Professor of Photography, Nottingham Trent University, UK) serta Dosen Jurusan Fotografi FSMR ISI Yogyakarta, Pamungkas Wahyu Setiyanto, M.Sn. dengan moderator Adya Arsita, S.S., M.A. Program tersebut merupakan kerjasama antara American Institute for Indonesian Studies (AIFIS) dengan Jurusan Fotografi FSMR ISI Yogyakarta, yang diprakarsai oleh Program Manager AIFIS Yogyakarta, Faishol Adib. AIFIS sendiri adalah konsorsium 24 Universitas Amerika yang mendorong dan mengembangkan a scholarly exchange antara peneliti Indonesia dan Amerika dengan minat studi Indonesia. 

Hal yang menggembirakan bagi Jurusan Fotografi yaitu karena AIFIS mempromosikan pendidikan dan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Amerika di Indonesia dan memfasilitasi kunjungan peneliti Indonesia ke Amerika Serikat sehingga terjalinnya kerja sama antara peneliti Indonesia dan Amerika dapat memberikan kesempatan bagi dosen di lingkungan Jurusan Fotografi bahkan mahasiswa untuk dapat mengenal dan meneliti iklim fotografi di Amerika. Organisasi yang beralamatkan di Pusat Studi Sosial Asia Tenggara (PSSAT), Gedung PAU UGM Sayap Timur Lantai 1, Jalan Teknika Utara, Barek, Yogyakarta tersebut memberikan pandangan baru bahwa budaya Indonesia merupakan lahan segar yang sangat luas untuk diteliti oleh negara-negara asing, begitu juga dengan peneliti di Indonesia karena diharapkan peneliti khususnya para pengkaji fotografi dapat diberikan kesempatan melakukan penelitian di Amerika dan difasilitasi oleh AIFIS sehingga dapat menambah wacana baru tentang perkembangan fotografi dunia.

Menurut Dekan Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Dr. Irwandi, M.Sn., acara ini merupakan kesempatan yang sangat menarik untuk para dosen dan khususnya mahasiswa Jurusan Fotografi. “Untuk para dosen, kita dapat saling berbagi perspektif dengan dosen-dosen mancanegara dan untuk mahasiswa dapat menambah wacana baru tentang praktik-praktik dunia fotografi dari berbagai negara sehingga harapan kami acara ini dapat secara kontinyu dilakukan sehingga membawa dampak baik kedua belah pihak, khususnya bagi Jurusan Fotografi, FSMR, dan ISI Yogyakarta”, demikian ujar Dekan FSMR. Jurusan Fotografi sangat mengapresiasi kerja sama yang dilakukan AIFIS karena hal tersebut menunjukkan bahwa Jurusan Fotografi ISI Yogyakarta semakin diperhitungkan di dalam kancah fotografi dunia.

Jurusan Fotografi pada kesempatan ini akan menjadi host pada acara webinar tersebut dengan mengangkat tema ‘Finding Photographic Practice in Southeast Asia’. Para narasumber nantinya akan menjabarkan bagaimana iklim praktik fotografi Asia dari perspektif mereka. Acara yang menarik tersebut diharapkan dapat menyedot perhatian para mahasiswa dan pegiat fotografi, khususnya para dosen Jurusan Fotografi, sehingga tergerak untuk tidak hanya melakukan penelitian di dalam negeri saja namun juga tergelitik untuk melakukan penelitian di luar negeri.

Bagi yang berminat untuk mengikuti online general lecture ‘Finding Photographic Practice in Southeast Asia’ melalui platform Zoom webinar silakan mencermati panduan pendaftaran di bawah ini karena tempat sangat terbatas.

Photography Department, FSMR, ISI Yogyakarta and American Institute for Indonesian Studies (AIFIS) present:
Online General Lecture “Finding Photographic Practice in Southeast Asia”
Lecture will be presented by:
1) Brian Arnold (Photographer, Writer and Translator)
2) Charles Fox (Assistant Professor of Photography, Nottingham Trent University, UK)
3) Pamungkas W.S., M.Sn (Lecturer of Photography Department, ISI Yogyakarta.)
Moderator : Adya Arsita, S.S., M.A.
Lecture will be held at Tuesday, 23 June 2020, 07.00 PM
Registration link:


https://bit.ly/webinar2306


Limited access untill 20 June 2020 and Limited seats.
Free, Open for Public and E-Certificate.
Prodi Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta dan American Institute for Indonesian Studies (AIFIS) berkolaborasi menghadirkan Kuliah Umum Daring “Finding Photographic Practice in Southeast Asia”
Pembicara:
1) Brian Arnold (Photographer, Writer and Translator)
2) Charles Fox (Assistant Professor of Photography, Nottingham Trent University, UK)
3) Pamungkas W.S., M.Sn (Lecturer of Photography Department, ISI Yogyakarta.)
Moderator : Adya Arsita, S.S., M.A.
Selasa, 23 Juni 2020, Pukul 19.00 WIB
Pendaftaran melalui tautan:

https://bit.ly/webinar2306

(akses pendaftaran dibuka sampai 20 JunI 2020 dan tempat terbatas).
Gratis, terbuka untuk Umum, E-certificate.


2 Komentar

Comments are closed.