MONITORING DAN EVALUASI PRODI D-3 ANIMASI FSMRI ISI YOGYAKARTA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PPPTV

Program Studi (Prodi) D-3 Animasi Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menerima kunjungan tim Monitoring dan Evaluasi yaitu Ibu Edia Rahayu dan Bapak Agus Nugroho dari Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi (28/11). Kunjungan tersebut berkenaan dengan pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (PPPTV) yang dilaksanakan di Prodi D-3 Animasi sebagai salah satu bentuk pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan program.

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai implementasi program serta penggunaan dan pemanfaatan sumber daya di institusi, ketercapaian indikator kinerja program, efektivitas program kemitraan dan ketercapaian indikator kinerja kemitraan, kinerja pengadaan barang dan jasa, pengelolaan program PPPTV, serta mengidentifikasi kendala dan strategi penyelesaiannya.

Tim Monitoring dan Evaluasi Ibu Edia Rahayu N dan Bapak Agus Nugroho dari Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi sedang melakukan diskusi dalam rangka monev dengan  Prodi D-3 Animasi di Gedung Rektorat ISI Yogyakarta (28/11).

Kunjungan tersebut disambut oleh Pembantu Rektor I, Dr., Stepanus Hanggar Budi Prasetya , S.Sn., M.Si. dan Dekan FSMR, Dr. Irwandi, S.Sn., M.Sn. serta jajaran struktural FSMR yaitu Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan II, dan Pembantu Dekan III yang membersamai Kaprodi Animasi Dr. Samuel Gandang Gunanto, S.Kom., M.T. beserta tim Task Force PPPTV dari dosen Animasi.

Dekan FSMR Dr. Irwandi, S.Sn., M.Sn tengah memberikan pengantar dalam kunjungan tim monev di ruang rapat Gedung Rektorat ISI Yogyakarta (28/11).

Ibu Edia Rahayu mengatakan bahwa tujuan monev tersebut ingin melihat kemajuan dari pelaksanaa program tersebut karena akan ada peningkatan kemajuan di 2-3 minggu mendatang dilihat real yang terjadi pada saat it, agar sebelum akhir Desember bisa selesai dan untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan agar dapat dicari solusinya. Hal tersebut disambut positif oleh Pembantu Rektor I Dr., Stepanus Hanggar Budi Prasetya, S.Sn., M.Si. yang menyatakan bahwa pimpinan tentu sangat berkomitmen dan mendorong dalam kegiatan ini untuk melaksanakan kegiatan PPPTV semaksimal mungkin. “Kami antusias dan senang dengan program PPPTV yang berkoordinasi dengan Prodi  D-3 Animasi,  hal ini jelas suatu momentum untuk memajukan Prodi  D-3 Animasi,” jelas Dekan FSMR Dr. Irwandi, S.Sn., M.Sn.

Kaprodi D-3 Animasi, Dr. Samuel Gandang Gunanto, S.Kom., M.T. beserta tim Task Force PPPTV dari dosen Animasi sedang mempresentasikan pelaksanaan Program PPPTV kepada tim monev di ruang rapat Gedung Rektorat ISI Yogyakarta (28/11).

Kaprodi D-3 Animasi, Dr. Samuel Gandang Gunanto, S.Kom., M.T., menjelaskan tentang program kerja sama dengan industri yang terkait dengan program perkuliahan pada Prodi D-3 Animasi yang termasuk program dari PPPTV. Beberapa proyek terkait mata kuliah terpadu telah diaplikasikan untuk  kerjasama dengan LPP dan Balar Yogyakarta.  Output kerja sama tersebut bersifat jangka panjang dan secara langsung terkait dengan program magang. Keterlibatan industri dalam program tersebut meliputi pelatihan untuk pitching dengan mahasiswa oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), membuat industri tumbuh bersama, dengan teaching factory, dan teaching industry. Sehingga dengan Program PPPTV yang telah dilaksanakan oleh Prodi D-3 Animasi, ke depannya dapat meningkatkan mutu dan kualitas output yang dihasilkan.

Bagikan