LILIK KUSTANTO, S.Sn., M.A. TERPILIH SEBAGAI KETUA JURUSAN TELEVISI FAKULTAS SENI MEDIA REKAM UNTUK PERIODE 2020-2024

Pergantian Ketua Jurusan merupakan sebuah kegiatan rutin empat tahun sekali di Jurusan Televisi, Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Di Jurusan Televisi terdapat dua Program Studi (Prodi), yaitu Prodi Film dan Televisi dan Prodi D-3 Animasi. Saat ini Ketua Jurusan (Kajur) Televisi dipimpin oleh Agnes Widyasmoro, S.Sn., M.A. Kegiatan pemilihan Ketua Jurusan (Pilkajur) ini telah dimulai dari tanggal 1 September 2020 dengan diawali pembentukan panitia dan proses sosialisasi.

Berdasarkan Pasal 2 SK Rektor no 1 tahun 2019, terdapat 15  calon dari jurusan Televisi yang memenuhi syarat, namun  pada tanggal 11 September 2020 terdapat satu calon yang gugur  karena sedang studi lanjut. Keempat belas calon tersebut adalah, Dyah Arum Retnowati, M.Sn., Nanang Rakhmad Hidayat, S.Sn., M.Sn., Dra. Siti Maemunah, M.Si., Endang Mulyaningsih, S.I.P., M.Hum., Retno Mustikawati, S.Sn., M.F.A. Ph.D, Agnes Widyasmoro, S.Sn., M.A., Arif Sulistiyono, M.Sn., Dr. Samuel Gandang Gunanto, S.Kom., M.T., Mahendradewa Suminto, S.Sn., M.Sn., Tanto Harthoko, M.Sn., Lilik Kustanto, S.Sn., M.A., Pandan Pareanom Purwacandra, M.Kom., Andri Nur Patrio, M.Sn., dan Latief Rakhman Hakim, M.Sn.

Kegiatan pemilihan Ketua Jurusan diselenggarakan pada hari Selasa 22 September 2020, pukul 11.00 WIB, bertempat di Studio 1 Prodi Film dan Televisi  dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yaitu dengan menjaga jarak dan selalu memakai masker. Ada pun kemudian proses pemilihan dilakukan dengan memenuhi beberapa prosedur seperti, rapat dihadiri paling sedikit 2/3 dari jumlah dosen dan pada kenyataannya, dari 33 dosen di lingkungan Jurusan Televisi, hanya 2 dosen yang berhalangan hadir.

Dasar hukum dari kegiatan Pilkajur ini bersumber dari peraturan Rektor yang terdiri dari, Peraturan  Rektor ISI Yogyakarta No 1 tahun 2019 tentang  pengangkatan dan pemberhentian Dosen sebagai Pembantu Rektor, Dekan, Pembantu Dekan, Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan. Serta Peraturan Rektor ISI Yogyakarta Nomor 3 tahun 2019 tentang pengangkatan dan pemberhentian Direktur, Asisten Direktur, Ketua Prodi Program Pascasarjana, Ketua Program Studi Sarjana, dan Ketua Program Studi Diploma ISI Yogyakarta.

Rapat Pemilihan Ketua Jurusan ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua Senat, Dr. Irwandi, S.Sn., M.Sn. Pada awal rapat terlebih dahulu disampaikan aspirasi-aspirasi dari beberapa dosen yang hadir. Pada awalnya pula proses musyawarah pun berlangsung dinamis, hingga pada akhirnya dilakukan pemungutan suara, dengan ketentuan hanya dosen yang hadir yang memiliki hak suara. Setelah dilakukan pemungutan suara dilakukan, terpilihlah Lilik Kustanto, S.Sn., M.A. sebagai Ketua Jurusan untuk periode 2020 – 2024.

Nantinya Ketua Jurusan Televisi terpilih akan memilih atau menunjuk empat dosen di lingkungan Jurusan Televisi untuk menduduki posisi Ketua Program Studi Film dan Televisi, Ketua Program Studi Animasi, Sekretaris Prodi Film dan Televisi, dan Sekretaris Prodi Animasi. Ketua Jurusan Televisi terpilih akan diberi waktu untuk menentukan pilihannya hingga 30 September 2020.

Suasana Pilkajur Televisi ini berlangsung sangat meriah dan dinamis. Acara ditutup dengan sambutan Ketua Jurusan Televisi terpilih, Lilik Kustanto, S.Sn., M.A. dan Ketua Jurusan yang menjabat saat ini, Agnes Widyasmoro, S.Sn., M.A. Setelah itu diadakan sesi foto bersama dengan tetap menerapkan physical distancing. Selamat untuk Ketua Jurusan Televisi terpilih untuk periode 2020-2024, Lilik Kustanto, S.Sn., M.A., selamat bekerja dan bertugas untuk Jurusan Televisi. Sukses selalu untuk kemajuan bersama Jurusan Televisi dan Fakultas Seni Media Rekam.

Suasana rapat pemilihan Ketua Jurusan Televisi di Studio 1 Prodi Film dan Televisi (22/9/2020)
Dr. Irwandi, M.Sn selaku Dekan FSMR sekaligus Ketua Senat memimpin langsung jalannya rapat PilkajurTelevisi yang diadakan di Studio 1 Prodi Film dan Televisi (22/9/2020).
Kertas suara untuk pemilihan Ketua Jurusan Televisi Periode 2020-2024 dengan menampilkan potret para kandidat (22/9/2020).
Proses pencoblosan kartu suara pada pemilihan Ketua Jurusan Televisi (22/9/2020)
Proses penghitungan suara pada pemilihan Ketua Jurusan Televisi periode 2020-2024 (22/9/2020)
Lilik Kustanto, S.Sn., M.A. terpilih sebagai Ketua Jurusan Televisi  periode 2020-2024 menyampaikan sambutannya setelah melalui proses pemungutan suara di Studio 1 Prodi Film dan Televisi (22/9/2020).
Foto bersama Kajur Televisi terpilih periode 2020-2024 dengan Dekan FSMR seusai acara pemilihan.