JURUSAN FOTOGRAFI DAN BALAI ARKEOLOGI YOGYAKARTA JALIN KERJA SAMA UNTUK MENGEMBANGKAN ILMU PENGETAHUAN

Sebagai upaya memperluas jaringan guna mengembangkan manfaat keilmuan dalam masyarakat, maka Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta membuka diri untuk berbagai potensi kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah kerja sama dengan Balai Arkeologi Yogyakarta untuk memberikan kesempatan bagi dosen dan mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya di bidang budaya dan sejarah melalui media fotografi.

Pembicaraan mengenai konsep kerjasama diawali dengan pertemuan yang dilakukan pada Rabu 4 Maret 2020 di Ruang Rapat, FSMR, ISI Yogyakarta. Dalam pertemuan tersebut, beberapa bentuk kerjasama yang dibicarakan antara lain pelatihan fotografi dan pengarsipan foto dari Jurusan Fotografi kepada staf Balai Arkeologi Yogyakarta. Selain itu Jurusan Film dan Televisi juga telah melakukan kerjasama berupa pelatihan pendokumentasian dalam bentuk karya film dokumenter, serta ditambah dengan rencana kerjasama dengan Prodi D3 Animasi untuk membantu memproduksi film animasi tentang kekayaan arkeologi di Indonesia.

Dalam bidang dokumentasi foto, selama ini Balai Arkeologi Yogyakarta mengalami kesulitan karena cakupan wilayahnya yang sangat luas meliputi Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, sehingga membutuhkan tim yang memiliki kemampuan fotografi yang baik. Pendokumentasian kegiatan dan situs-situs sejarah di wilayah kerja Balai Arkeologi Yogyakarta menjadi penting karena hasilnya akan dijadikan bukti serta bahan kajian bagi kebijakan pemeliharaan dan pengembangan situs sejarah. Menurut Peneliti Balai Arkeologi Yogyakarta, Putri Taniardi, M.Hum., program pendokumentasian tahunan tersebut membutuhkan banyak sekali fotografer karena berbagai lokasi penemuan situs sejarah yang tersebar di beberapa daerah. Selain itu, Balai Arkeologi Yogyakarta juga harus memiliki hasil foto yang baik, karena nantinya digunakan sebagai arsip penelitian.

Bagi FSMR, khususnya Jurusan Fotografi, program kerjasama tersebut sangatlah bermanfaat baik untuk lembaga maupun civitas academica. Sekretaris Jurusan Fotografi, Oscar Samaratungga, S.E., M.Sn., mengatakan bahwa program kerjasama tersebut akan sangat bermanfat karena mahasiswa dapat melakukan Kerja Praktik atau Magang di Balai Arkeologi Yogyakarta dengan melakukan pendokumentasian foto. Selain itu, pertukaran ilmu pengetahuan serta pengembangan wawasan juga akan terwujud dengan kerjasama tersebut. Harapannya, para mahasiswa yang berkesempatan melakukan Kerja Praktik mendapatkan ilmu dan wawasan baru tentang budaya, sejarah, dan Arkeologi, serta pengalaman baru dari mengerjakan proyek dokumenter. (Red)

 

PERTEMUAN MEMBICARAKAN KERJASAMA
Tim dari Balai Arkeologi Yogyakarta dan perwakilan dari FSMR, ISI Yogyakarta bertemu di Ruang Rapat, FSMR, ISI Yogyakarta, Rabu (4/3/2020). Pertemuan tersebut dilakukan untuk membicarakan kerjasama dokumentasi dan pembuatan produk edukasi tentang situs-situs sejarah di wilayah kerja Balai Arkeologi Yogyakarta.