BINGKAI MEMORI KENANGAN TENTANG TRAUMA MASA KECIL YU YU MYINT THAN

Yu Yu Myint Than adalah seorang fotografer yang tinggal di Yangon, Myanmar. Sebelum menekuni dunia fotografi, Yu Yu adalah seorang guru di sebuah sekolah umum hingga pada 2014 ia memenangkan beasiswa untuk International Reporting Workshop, yaitu program pendidikan tiga bulan di Pathshala South Asian Media Institute. Dari penghargaan yang bergengsi tersebut, kecintaan Yu Yu pada dunia fotografi semakin mandalam.

Yu Yu pernah berkerja menjadi jurnalis foto selama 11 bulan di The Myanmar Times namun ia lebih memilih mengembangkan diri untuk menjadi fotografer dokumenter lepas dan bergabung dengan Myanmar Deitta, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk mengembangkan sumber daya atau program untuk fotografer lokal dan pembuat film.  Hal paling membanggakan bagi Yu Yu adalah ketika ia mendapatkan penghargaan dari  Magnum Foundation  dan mendapatkan kesempatan mengikuti proses belajar mengajar di New York dari 2017-2018 dan pernah memenangkan beasiswa untuk Masterclass Fotografi Asia Tenggara yang diselenggarakan oleh Obscura Photo Festival di Penang, Malaysia, 2016.

Saat kuliah umum secara daring via Zoom dengan tema ‘Now You See Me: Developing Personal Works’ yang diselenggarakan oleh Jurusan Fotografi 10 Juni 2020 lalu, Yu Yu mempresentasikan  ketertarikannya untuk memotret kisah tersembunyi tentang isu-isu gender, problematika sosial, dan hak asasi manusia. Baginya, foto-foto memperlihatkan kekuatan sebuah objek personal karena Yu Yu memiliki obsesi yang kuat untuk menangkap emosi, ingatan, dan mimpi pada setiap karyanya. Pada sesi tersebut, Yuyu memperesentasikan empat karya dari personal project yang berjudul Memory Lane, Letter to Love, Sorry Not to Sorry dan Jigsaw. Karya-karya Yu Yu banyak bercerita tentang memori kenangannya akan trauma masa kecil dan pengalaman pribadinya terhadap berbagai kerapuhan dirinya.

Foto-foto Yu Yu solah-olah menggambarkan tentang kesendirian, kesepian, dan harapan walaupun dikerjakan dengan patron-patron dokumenter jurnalistik sebagai dasarnya. Karakter dokumenter jurnalistik masih melekat pada gaya foto Yu Yu karena ia sempat mendapatkan pendidikan fotografi dari Magnum Foundation dan bekerja sebagai jurnalis foto. Yang menarik dari foto-foto Yu Yu adalah bahwa audiens memang tidak mudah menemukan korelasi antara bentuk dokumenter jurnalistik dengan karya foto yang dikerjakan Yu Yu pada karyanya saat ini.

Ketika masih menekuni pekerjaannya sebagai seorang foto jurnalistik, Yu Yu masih terikat dengan redaksi yaitu harus memenuhi unsur nilai berita, teknis, dead line dan lain sebagainya, namun seolah-olah personal project yang dikerjakan Yu Yu saat ini menjadi kebebasannya dalam berkarya. Dengan demikian ia merasa bebas mengekspresikan jati dirinya melalui karya fotonya.

PESERTA
Mahasiswa Jurusan Fotografi dan peserta tamu mengikuti kuliah umum dengan pembicara  Yu Yu Myint Than dari  Yangon, Myanmar (10/06/2020). Yu Yu  pernah mendapatkan penghargaan dari Magnum Foundation  dan mendapatkan kesempatan mengikuti proses belajar mengajar di New York dari 2017-2018 hingga pernah memenangkan beasiswa untuk Masterclass Fotografi Asia Tenggara yang diselenggarakan oleh Obscura Photo Festival di Penang, Malaysia, 2016.