SITUS WEB IKA FSMR, AJANG SILATURAHMI DARI LEMBAGA UNTUK ALUMNI

Sebagai wujud apresiasi atas peran serta alumni, maka Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, memfasilitasi pembuatan situs web untuk Ikatan Alumni (IKA) FSMR. Situs web dengan alamat ikafsmr.isi.ac.id yang dapat diakses umum ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menunjang peran lembaga dalam penyaluran informasi serta publikasi aktivitas dan prestasi para alumni. Situs yang rencananya akan terintegrasi dengan situs web FSMR tersebut juga diharapkan dapat menjadi wadah silaturahmi dari lembaga untuk alumni.

Menurut alumni FSMR, Dosen jurusan fotografi, penasehat IKA FSMR sekaligus Pembantu Dekan III, Muhammad Fajar Apriyanto, M. Sn., pembuatan situs web tersebut sudah siap diluncurkan semenjak awal pengonsepan beberapa minggu yang lalu. “Proses berdirinya web dimulai saat Halal Bihalal atau  Silaturahmi Idul Fitri 2020 secara daring melaui fasilitas Zoom Meeting antar sesama alumni. Pada saat itu, atas saran alumni yang disambut dengan baik oleh FSMR, maka dibuatlah situs web ikafsmr.isi.ac.id. Diharapkan melalui adanya web tersebut tali persaudaraan antar sesama alumni FSMR semakin terjalin dengan kuat”, ujar Pak Fajar.

Melalui situs web ini, para alumni FSMR dapat mengetahui dan saling berbagi tentang informasi lowongan pekerjaan, karya seni yang dibuat, artikel, prestasi, kegiatan alumni, dan lainnya. Muhammad Fajar Apriyanto, M. Sn. berharap melalui situs web ini, IKA dapat berkolaborasi dengan lembaga untuk pengembangan kurikulum sejalan dengan perkembangan dunia kerja atau wilayah profesi lainnya.

Ketua IKA FSMR terpilih, Ina Ariani dari Prodi Film dan Televisi angkatan 2000 menyampaikan akan melakukan upaya maksimal untuk organisasi ini. “Saya ingin IKA FSMR bisa bermanfaat untuk alumni maupun FSMR, sehingga kedua pihak bisa saling mendukung. Semoga situs web ini menjadi rumah bersama untuk saling terhubung dalam segala bidang baik profesional, maupun persaudaraan, baik untuk saat ini maupun seterusnya”, tegas Ina Ariani. Sejak resmi berdiri pada 2017 lalu, IKA FSMR memang  belum memiliki banyak program sehingga sejauh ini konsentrasi aktivitas IKA FSMR lebih kepada kegiatan memperkenalkan keberadaan IKA FSMR, serta melakukan hal hal yang sifatnya sosial, misalnya mengkoordinir donasi untuk membantu sesama alumni yang terkena musibah. Bahkan, Ina Ariani menuturkan kebanggaannya terhadap fasilitas dan kualitas perkuliahan di FSMR, ISI Yogyakarta yang dianggap  jauh lebih bagus pada saat ini. Ia pun berharap dengan adanya kemajuan fasilitas yang menyesuaikan perkembangan zaman bisa menjadikan FSMR secara khusus dan ISI Yogyakarta secara umum menjadi kampus berkualitas dan mampu bersaing dengan kampus lainnya. Guna memaksimalkan pendataan dan pelacakan alumni, pengurus IKA FSMR sedang  merancang proses pendataan dan pendaftaran alumni mulai dari sebelum para calon alumni mengikuti pendaftaran wisuda. Dalam waktu dekat pengurus IKA FSMR juga akan melakukan pertemuan berkala dengan para dosen melalui  Zoom Clouds Meeting dengan tema-tema tertentu yang nantinya akan dibahas lebih lanjut. Sedangkan berkaitan dengan masa pergantian kepengurusan yang seharusnya sudah dilaksanakan pada tahun ini, ketua dan pengurus sepakat untuk mengundur pelaksanaan pemilihan ketua dan pengurus baru pada tahun depan, atau setelah masa pandemi berakhir. (Red)