Pameran dan Penayangan Karya Seni Media Rekam “New Beginnings For The Future”

Dalam rangka merayakan Dies Natalis Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ke-38 tahun 2022 ini  dengan tema besar “Art for Life Recovery”,  Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) ISI Yogyakarta menggelar Pameran dan Penayangan Karya Seni Media Rekam yang dilaksanakan tanggal 20-27 Juni 2022 dengan mengusung subtema “New Beginnings For The Future” yang membawa pengharapan adanya permulaan yang baru setelah pandemi dengan masa depan yang lebih baik dalam berkehidupan dan berkesenian. Kegiatan ini berorientasi pada pengembangan Program Studi Fotografi, Film dan Televisi, serta Animasi sebagai bagian dari FSMR ISI Yogyakarta yang bertujuan untuk selalu eksis dan tetap berkarya walau di masa pandemi seperti saat ini. Pembukaan Pameran dan Penayangan Karya Seni Media Rekam dilakukan di Ruang Auvi, Gedung Dekanat Fakultas Seni Media Rekam, ISI Yogyakarta secara luring terbatas dan dihadiri oleh para pejabat penting di lingkungan ISI Yogyakarta.  Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum. selaku Rektor ISI Yogyakarta menyampaikan sambutannya dan apresiasinya terhadap FSMR atas capaian-capaian yang telah diraih walau di tengah pandemi, sehingga penayangan dan pameran dapat berjalan dengan baik secara digital dan dapat menjangkau lebih banyak khalayak.  “Inilah contoh nyata bahwa pandemi tidak membatasi dan menghalangi kreativitas seni, justru memacu daya juang untuk menghidupi dan menghidupkan seni dengan platform-platform baru” demikian tegas Rektor ISI Yogyakarta.

Berkembangnya platform digital merupakan salah satu solusi di tengah kondisi peralihan masa pandemi saat ini, tak terkecuali sebagai media unjuk karya karya-karya seni media rekam. Pameran dan Penayangan Karya dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara online melalui website www.galeripandeng.isi.ac.id dan offline di Galeri Pandeng Fakultas Seni Media Rekam, ISI Yogyakarta yang sudah diakui FIAP (Fédération Internationale de l’Art Photographique) sebagai galeri pameran yang mendapatkan pengakuan internasional.   Pameran ini mendapatkan auspices atau pengakuan sebagai salah satu Agenda Pameran Internasional dan akan dipublikasikan dalam FIAP News.

Selain itu, untuk pertama kalinya penayangan karya film dan musik video dilakukan melalui platform online penayangan film yaitu Rangkai yang merupakan platform penayangan film layar digital.   Platform penayangan digital saat menjadi salah satu platform yang berkembang dengan baik di masa pandemi dan diyakini bisa menjadi wadah yang baik untuk para seniman seni media rekam berdialog dengan khalayak yang lebih luas melalui tayangan karya di platform Rangkai.

FSMR ISI Yogyakarta berharapgelaran sarana eksistensi dan pengembangan keilmuan bidang seni media rekam melalui pameran fotografi dan penayangan program televisi dan film serta animasi dapat menjadi wadah berkreasi yang tepat.  Dengan ini diharapkan setiap mahasiswa dapat mengembangkan sikap kreatif dalam rangka menyiasati segala keterbatasan proses berkarya saat pandemi melalui media fotografi, program televisi, video-art, film dan game animasi.

Dalam sambutannya, Dekan FSMR, ISI Yogyakarta, Dr. Irwandi, M.Sn. menyampaikan bahwa Pandemi Covid-19 yang masih mendera memaksa kita untuk melakukan berbagai penyesuaian dalam berkehidupan dan melahirkan kebiasaan-kebiasaan baru. Pelaksanaan Dies Natalis ke-38 Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta di lingkungan Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) dapat menjadi salah satu contoh, bagaimana manusia menyikapi sebuah kondisi yang menuntut perubahan, seperti tertuang pada “Keunggulan Seni untuk Pemulihan Kehidupan” yang merupakan tema besar Dies Natalis ke-38 ISI Yogyakarta 2022.  Tema tersebut dipilih dengan harapan dapat menebarkan sebuah semangat melakukan refleksi untuk tetap optimistis dan berorientasi ke depan, dengan perubahan besar dalam membangun negeri melalui lembaga pendidikan formal di bidang seni media rekam. Kondisi luar biasa yang telah dihadapi pada masa sebelumnya merupakan sebuah pelajaran besar bagi seluruh civitas academica FSMR, ISI Yogyakarta untuk bertransisi, berproses menuju kultur baru dalam bekerja dan berkarya, bersamaan dengan reorientasi pendidikan nasional melalui kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kondisi ini menuntut seluruh civitas academica untuk dapat bekerja cepat, efektif, efisien, dan mendapatkan hasil yang optimal.

Contohnya pada tahun ini, melalui proses yang membutuhkan konsentrasi dan kolektivitas kerja tim yang tinggi, FSMR ISI Yogyakarta berhasil memenuhi amanat peningkatan jenjang untuk Program Studi D-3 Animasi menjadi D-4 atau Sarjana Terapan melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia No. 24/D/OT/2022. Capaian ini patut disyukuri karena akan memperbesar peluang generasi muda dalam mencapai karir di bidang animasi melalui pendidikan di FSMR ISI Yogyakarta. Contoh lain dari pencapaian FSMR ISI Yogyakarta pada tahun ini adalah berbagai program kerja sama bersama mitra-mitra strategis untuk penguatan Tridharma perguruan tinggi. Salah satu mitra yang dalam kesempatan Dies Natalis tahun ini bermitra dengan FSMR ISI Yogyakarta adalah PT Rangkai Kreativitas Indonesia, sebuah platform penayangan digital yang dalam kegiatan ini berperan menayangkan karya cipta hasil para civitas academica FSMR ISI Yogyakarta.

 Capaian ini menambah deretan capaian FSMR ISI Yogyakarta, misalnya meningkatnya status Galeri Pandeng FSMR ISI Yogyakarta menjadi Galeri Internasional dalam skema FIAP Exhibition Center, sehingga saat ini menjadi satu-satunya FIAP Exhibition Center di Asia Tenggara. Menyongsong era baru pascapandemi, yang mana teknologi digital semakin dioptimalkan untuk menjalankan berbagai kegiatan, serta pembentukan mindset baru  maka subtema “New Beginnings for the Future” kiranya dapat mewakili semangat FSMR ISI Yogyakarta untuk terus maju dan berkembang (nkj/aa).

Menyanyikan Indonesia Raya
Segenap hadirin yang berada di Ruang AUVI dalam rangka pembukaan Pameran dan Penayangan Karya Seni Media Rekam “New Beginnings For The Future” bersama-sama berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmat (20/7)
Sambutan Koordinator Panitia
Pius Rino Pungkiawan, M.Sn. selaku Koordinator Panitia Pameran dan Penayangan Karya Seni Media Rekam dengan subtema “New Beginnings For The Future” dalam rangka menyemarakkan DIES ke-38 ISI Yogyakarta memberikan sambutan dan laporan singkat di Ruang Auvi (20/7)
Sambutan dari Rektor ISI Yogyakarta
Sesaat sebelum membuka Pameran dan Penayangan Karya Seni Media Rekam dengan subtema “New Beginnings For The Future” , Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum. menyampaikan sambutannya (20/7)
Menikmati Karya
Rektor ISI Yogyakarta (tengah) menikmati karya fotografi didampingi Dekan FSMR, ISI Yogyakarta (belakang) dan juga oleh fotografer senior (depan) yang sekaligus mantan Rektor ISI Yogyakarta (2006-2010) di Galeri Pandeng, FSMR, ISI Yogyakarta (20/7)
Meninjau Karya di Galeri Pandeng yang Bertaraf Internasional
Sejumlah pejabat di lingkungan ISI Yogyakarta yang hadir dalam acara pembukaan pameran dan penayangan karya seni media rekam antara lain (ki-ka); Dekan FSMR ISI Yogyakarta, Koordinator Panitia, Kajur Fotografi, fotografer senior, Rektor ISI Yogyakarta, Kurator Pameran, Dekan FSR, dan Wakil Rektor III bersama-sama meninjau karya didampingi oleh salah satu kurator pameran, Aji Susanto Anom Purnomo, M.Sn. (20/7)
Bagikan


EnglishIndonesian