0274-384107

Pameran Fotografi dan Presentasi Buku: “Pabean Passage” by Anton Gautama

Tentang Anton Gautama dan Pasar Pabean
Anton Gautama, seorang fotografer asal Surabaya akan memamerkan karya-karyanya tentang kehidupan di Pasar Pabean Surabaya. Ia telah mendalami kehidupan pasar Pabean ini selama lebih dari 1 tahun. Melalui karya-karya yang juga telah dibukukan dengan judul Pabean Passage,  Anton ingin berbagi serta menunjukkan bagaimana seorang fotografer memiliki cara pandang khas pada sebuah kehidupan pasar dengan pendekatan yang berbeda: kehidupan pasar yang dijadikan subjek, bukan semata sebagai objek.
Bagi Anton, mengabadikan pasar Pabean, bukanlah sekadar memotret ibu-ibu yang mengangkut karung atau keranjang besar diatas kepalanya.  Lebih dari itu, aspek sosio historis Pasar Pabean yang telah berumur lebih dari 100 tahun, dijadikan titik tolak dalam lelaku pengkaryaannya. Bagi Anton, Pasar Pabean  adalah tempat yang sangat unik, sebagai melting pot dari berbagai etnis dan kultur budaya di dalamnya. Pertemuan budaya dalam Pasar Pabean adalah menyiratkan sebuah ‘local genius’ yang dapat mengajak kita untuk mendalami arti sebuah perjuangan dan kehidupan.
Anton berharap melalui karyanya, rasa ke-bhineka-tunggal-ika an kita bisa terbangun kembali dan menjadi kekuatan guna penyadaran persatuan masyarakat sebagai bagian dari bangsa yang besar di dunia, yaitu Indonesia.

Detil Acara
Pembukaan:
Senin, 19 Desember 2016
Galeri FSMR ISI Yogyakarta, pukul 09:30 WIB.
Pameran dibuka oleh Dekan FSMR ISI Yogyakarta, Marsudi, S.Kar., M.Hum.

Presentasi Buku “Pabean Passage”  dan Diskusi:
Senin, 19 Desember 2016, R. Audio Visual, Gedung Dekanat FSMR ISI Yogyakarta, pukul 13:00 WIB.
Presenter: Anton Gautama (Fotografer)
Penanggap: Pamungkas Wahyu Setiyanto, M.Sn. (Dosen Jurusan Fotografi, FSMR ISI Yogyakarta)
Moderator: Pitri Ermawati, M.Sn.

Share Button
Leave a Reply

Kontak

Fakultas Seni Media Rekam
ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis Km. 6,5 Sewon, Bantul, Yogyakarta
Telp. (0274) 384107
Email. fsmr@isi.ac.id